17.1 C
New York
Friday, May 17, 2024

Hindari Perjudian, Polres Samosir Gelar Diskusi Peningkatan Pengetahuan Digital Ekonomi Bagi Personilnya

Samosir, MISTAR.ID

Polres Samosir menggelar kegiatan peningkatan pengetahuan digital ekonomi di Aula Wira Pinandita Mako Polres Samosir, Selasa (1/8/23).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Personil terkait instrumen investasi pasar modal guna memperkuat sistem internal Polres Samosir.

Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman bertindak sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini. Acara tersebut turut dihadiri oleh pejabat pratama, perwira, dan bintara Polres Samosir.

Kapolres memberikan arahan tentang pentingnya peningkatan pengetahuan digital ekonomi untuk menciptakan penghasilan tambahan melalui investasi yang sehat.

Baca juga : Polres Samosir Bersihkan Baliho, Banner dan Spanduk Terkait Covid-19

Ia menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan wawasan digital ekonomi kepada personil agar mereka dapat berinvestasi secara cerdas dan menghindari perilaku perjudian.

Kapolres berharap personil Polres Samosir akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang ekonomi digital untuk menghadapi potensi penyimpangan di Kabupaten Samosir.

Ia menekankan investasi harus dilakukan secara bijak, mengingat adanya ancaman investasi ilegal yang dapat merugikan masyarakat.

Dalam paparannya, Kapolres Samosir membahas sejumlah kasus investasi bodong yang telah merugikan masyarakat dengan potensi kerugian mencapai angka triliun rupiah.

Baca juga : Pembangunan Water Front City Pangururan Bermasalah, Penasehat Hukum Pemilik Lahan Lapor ke Polres Samosir

Perusahaan-perusahaan ilegal ini sering memanfaatkan teknologi dan fitur terkenal untuk menarik nasabah dengan janji perolehan hasil investasi yang tidak realistis.

Kapolres memaparkan bahwa pelaku usaha yang mengajak masyarakat berinvestasi harus memiliki izin dari otoritas atau instansi yang berwenang.

Banyak pelaku usaha yang tidak memiliki izin resmi, sehingga investasi tersebut menjadi ilegal dan dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan perekonomian negara.

“Seperti yang sudah pernah kami tindak (saat Kapolres Samosir menjadi anggota Bareskrim Polri) yakni kasus Indra Kenz, Salmanan dan masih banyak lagi contoh lainnya yang sedang mengemukakan,” ucapnya.

Baca juga : Polres Samosir Berikan Tali Asih Kepada Korban Kebakaran

Kapolres juga memberikan informasi mengenai jenis-jenis instrumen investasi yang sehat, yang dapat diikuti oleh personil Polres Samosir, seperti deposito, obligasi, valuta asing, saham bank indonesia, dan reksadana, termasuk juga dalam bentuk cryptocurrencies.

Dalam sesi tanya jawab menjadi momen interaktif antara narasumber dan peserta, di mana mereka bertanya terkait pelaksanaan investasi, cara menjadi anggota, sistem perubahan saham, dan kurva perubahan setiap obligasi.

Kapolres Samosir juga mengingatkan kepada personil agar tidak mengganggu pekerjaan dan tugas sehari-hari saat berinvestasi.

Baca juga : Korban Dugaan Penipuan TBPP Pemkab Samosir Sudah di BAP Oleh Polres Samosir

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengabdian Polres Samosir kepada masyarakat dengan pemahaman yang baik mengenai investasi dan ekonomi digital.

Selain itu, antisipasi agar personil Polres Samosir mampu menangani atau antisipasi terkait investasi bodong di wilayah hukum Polres Samosir. (pangihutan/hm18)

Related Articles

Latest Articles