10.5 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Hati-Hati Terhadap Penipuan Dana Hibah Rumah Ibadah di Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Deli Serdang, Syahrul mengimbau panitia pembangunan rumah ibadah seperti mesjid dan gerja agar berhati-hati terhadap modus penipuan melalui telepon untuk pencairan dana hibah rumah ibadah.

Sebab, ada oknum yang mengaku dari Bagian Kesra sudah melakukan penipuan pencairan dana hibah yang mengakibatkan panitia menjadi korban. Dalam aksinya, oknum penipu mengirimkan screenshot bukti transfer bank kepada panitia.

“Oknum penipu tersebut lantas menelepon bahwa dana yang telah ditransfer tersebut termasuk milik panitia masjid lain sebesar Rp10.000.000. Alasannya, transfer dilebihkan karena panitia mesjid dimaksud tidak memiliki buku rekening bank. Sehingga kelebihan dana harus ditransfer ke rekening yang sudah disiapkan pelaku. Karena ada bukti screenshot dan koban merasa dana yang diusulkan berlebih, tanpa pikir panjang lagi korban memenuhi permintaan pelaku penipu,” kata Syahrul, Rabu (6/12/23).

Dijelaskan Syahrul, pencairan dana hibah itu terlebih dahulu melaui proses pemberkasan permohonan percairan dari panitia ke Bagian Kesra. Setelah berkas dinilai lengkap, selanjutnya disusulkan pencairan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Deli Serdang.

“Jadi pencairan dana itu bukan serta merta cair tanpa proses,” papar Syahrul.

Baca Juga : Motifnya Belum Diketahui, Honorer dan ASN Pemkab Deli Serdang Ambil Alih Pekerjaan Tukang Bangunan

Untuk itu, ia kembali mengingatkan agar panitia pembangunan rumah ibadah, jika mendapat telepon dari oknum pelaku yang menyatakan dana hibah sudah cair tanpa ada usulan pemberkasan dana agar tidak percaya begitu saja.

“Sebaiknya dikonfirmasi langsung ke Bagian Kesra. Karena panitia sudah ada nomor handphone staf kita yang menangani dana hibah rumah ibadah,” ujarnya.

Kata Syahrul, memang saat ini nomor handphone oknum penipu tersebut sudah tidak aktif. Tapi bukan tidak mungkin pelaku nantinya menggunakan nomor lain. (rinaldi/hm24)

Related Articles

Latest Articles