25.2 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Hari Pertama Ops Patuh Toba, 7 Pengendara Kena Tilang Manual di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023, Polda Sumatera Utara dan Polres jajaran telah memberikan penilangan manual terhadap 7 orang pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi menyebutkan, pada Ops Patuh Toba tahun ini, pihaknya telah kembali memberlakukan tilang manual.

“Tahun lalu ditiadakan, karena memberlakukan tilang elektronik. Ya hari pertama ada 7 kita berikan tilang manual. Sedangkan tahun lalu kita tidak ada melakukan tindakan tilang manual,” sebut Hadi, pada Selasa (11/7/23).

Baca juga: Operasi Patuh Toba 2023 Berlakukan Tilang Manual  

Untuk penindakan tilang  Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) statis, kata Hadi, di hari pertama sebanyak 50 pengendara. “Sedangkan tahun 2022 di hari pertama Ops Patuh Toba tilang ETLE statis sebanyak 38 pengendara. Jadi naik 31,6 persen,” ujarnya.

Sedangkan untuk tilang ETLE mobile, kata Hadi, Polda Sumut dan Polres jajaran melakukan penindakan 10 pengendara. “Tahun lalu di hari pertama tidak ada penindakan tilang ETLE mobile,” jawab dia.

Hadi menyebutkan, untuk yang melakukan pelanggaran diberikan teguran sebanyak 1.127 pengendara. “Hari pertama tahun 2022 sebanyak 797 pengendara yang ditegur, naik 41,4 persen,” sebutnya.

Baca juga: Satlantas Polres Tanjungbalai Berlakukan Tilang Manual, Ini Hasilnya  

Total pelanggaran lalu lintas hari pertama pelaksanaan Ops Patuh Toba 2023 sebanyak 1.194 pengendara. Sedangkan tahun lalu sebanyak 835 pelanggaran lalu lintas dan naik 43 persen.

Untuk jenis pelanggaran, tambah Hadi, mayoritas pengendara tidak memakai helm dan melanggar marka jalan. “Kita berharap, dengan pelaksanaan Ops Patuh Toba ini, masyarakat tertib dan mematuhi aturan lalu lintas, juga meminimalisir angka kecelakaan,” katanya.

Saat ditanya soal angka kecelakaan hari pertama pelaksanaan operasi, Hadi mengaku, tidak ada kejadian. “Tidak ada kecelakaan lalu lintas hari pertama,” ujarnya.

Baca juga: Sasaran Pelanggaran Ops Patuh Toba 2023, Salah Satunya Pajak Kendaraan Mati

Diketahui, Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak sebelumnya memimpin apel gelar pasukan Ops Patuh Toba 2023 di Lapangan Bola Mapolda Sumut, pada Senin (10/7/23). Dalam pelaksanaan operasi ini, sebanyak 1.345 orang personel gabungan diturunkan. (saut/hm16)

Related Articles

Latest Articles