21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Hadiri Peringatan HUT ke-67 LVRI, Bupati Deli Serdang Sampaikan Hal Ini

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar berharap agar Legiun Veteran Republik Indonedia (LVRI) Deli Serdang terus menjadi panutan bagi generasi penerus bangsa dan berkontribusi dalam menjaga serta mempertahankan kedaulatan bangsa, khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Dikatakan, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 LVRI tidak terlepas dengan sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut, mempertahankan dan menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Setiap perjuangan dan pengorbanan para pendahulu telah menggugah kita untuk tetap meningkatkan penghayatan terhadap nilai-nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial,” ujarnya saat menghadiri HUT ke-67 LVRI di Aula Yudha Bhakti Veteran RI Kabupaten Deli Serdang, Jumat (5/1/24).

Menurut Yusuf Siregar, HUT ke-67 LVRI merupakan momentum untuk kembali mengintropeksi diri bahwa tanpa jasa dan pengorbanan para veteran, maka rakyat tidak bisa menikmati kehidupan yang merdeka dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Baca Juga : Wali Kota  Susanti Adakan Temu Ramah Bersama Veteran di Siantar Hotel

Yusuf Siregar kembali menekankan, momentum HUT ke-67 LVRI jangan sekadar seremonial, tetapi harus dijadikan sebagai pengingat akan keluhuran dan perjuangan para veteran yang tidak terukur dan tidak ternilai harganya.

Kata Yusuf, keteladanan para veteran di masyarakat berpengaruh besar dalam membangun kehidupan bangsa yang berkualitas, maju dan sejahtera.

“Karenanya, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, sekali lagi berharap agar LVRI dapat mengambil peran dan memperkuat sinergitas dalam menyuksesan kelancaran proses Pemilu yang demokratis, aman, jujur, adil dan berkualitas, pada 14 Februari 2024 nanti,” harap Bupati.

Baca Juga : 9 Veteran dan 9 Janda Pejuang di Batu Bara Dapat Santunan dari Bupati Zahir

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LVRI Deli Serdang, Soeimin, menerangkan LVRI lahir melalui proses penyatuan organisasi pejuang yang ditetapkan pada Kongres Nasional Pertama di Hotel Deca Park, pada 2 Januari 1957 di Jakarta yang diikuti 2.500 perta dari berbagai faksi laskar pejuang kemerdekaan.

“Kongres merupakan reuni besar pertama para pejuang di masa damai. Bertemunya para pejuang itu tidak hanya membahas soal masa depan, tetapi juga sebuah hasrat menyatukan berbagai elemen pejuang dari seluruh nusantara. Kongres menghasilkan kesepakatan membentuk badan yang menyatukan semua laskar pejuang dalam wadah Legiun Veteran Republik Indonesia sebagai rumah besar bagi veteran,” pungkas Soetimin. (rinaldi/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles