15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Kolom Abu Capai 2.800 Meter

Medan, MISTAR.ID

Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo kembali erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 2.800 meter, Jumat (7/5/21). Melihat kondisi ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada karena Gunung Sinabung masih berada di level III atau siaga.

“Benar, telah terjadi erupsi Gunung Sinabung pada pukul 09.08 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 2.800 meter di atas puncak,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra.

Armen menyebutkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 56 detik. Armen mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga:Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

“Saat ini Sinabung berada pada Status Level III. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” ujarnya.

Jika terjadi hujan abu, Armen mengimbau masyarakat memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. “Selain itu amankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” jelasnya.

Pada Rabu (5/5/21) pukul 06.00 WIB, Gunung Sinabung meluncurkan awan panas yang teramati dengan jarak 1.500 meter mengarah ke timur dan tenggara. “Gunung kabut jelas dan asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-200 meter di atas puncak,” kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin. (cnn/antara/hm12)

Related Articles

Pagi Ini, Gunung Sinabung Erupsi Lagi

Latest Articles