11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Gubsu: Bangkitkan Kembali Olahraga Sumut

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengajak seluruh stakeholder olahraga dan pemangku kepentingan di kabupaten/ kota untuk ikut membangkitkan kembali prestasi olahraga. Sumut yang menjadi tuan rumah PON XXI/2024 bersama Aceh, diharapkan menjadi sarana pembuktian olahraga Sumut bangkit.

“Ini untuk membuktikan provinsi ini memang pabriknya atlet berprestasi nasional,” kata Gubsu Edy Rahmayadi saat menjadi pembicara pada ‘Workshop Tata Kelola Organisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan’ yang dilaksanakan KONI Sumut di Grand Mercure Hotel, Medan Senin (14/12/20) siang.

Edy mengajak seluruh pengurus cabang olahraga dan KONI kabupaten/ kota untuk sama-sama berjuang membina atlet yang akan dipersiapkan pada PON 2024. Satu langkah yang harus dilakukan adalah menggembleng atlet yang masih memasuki usia maksimal sebagai wakil Sumut di PON ke-XXI.

Baca Juga:Ketua KONI Medan Minta Atlet Karateka Pertahankan Prestasi

“KONI dan pengprov cabor harus langsung jemput bola mencari atlet. Saya mau setiap 6 bulan sekali melaporkan kepada saya soal perkembangannya. Tidak boleh main-main. Ajang di Papua sebagai pembelajaran kita untuk persiapkan di PON 2024,” ujarnya.

Demi mewujudkan prestasi maksimal di PON 2024, mantan ketua PSSI ini berharap semua cabor yang dipertandingkan di Sumut bisa didominasi perolehan medalinya. “Saya mau 2024 semua cabor yang dipertandingkan di Sumut harus kita ambil. Tapi kita mengambilnya tetap dengan mengedepankan sportifitas dan fair play. Kita ingin mengembalikan marwah olahraga Sumut,” harapnya.

Pemprovsu mendukung penuh upaya peningkatan prestasi olahraga. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menyiapkan kawasan sport center seluas 300 hektar di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang. Selain sebagai kawasan representatif pembinaan atlet, sport center juga bakal menjadi arena pertandingan cabor-cabor yang dipertandingkan pada PON 2024. Maka, minimal awal tahun 2024 pengerjaan sport center sudah finishing.

Baca Juga:Sah! Sumut Jadi Tuan Rumah PON 2024 Bersama Aceh

“Saya mengajak seluruh pemerintah daerah, termasuk masyarakat untuk saling membantu, jangan menyulitkan pengerjaan kawasan sport center,” tegas Gubsu.

Edy mengakui, upaya mengangkat kembali prestasi olahraga Sumut bukan pekerjaan mudah. Karena itu harus membangun team work. “Masa dari 16 juta rakyat Sumut tidak ada yang bisa berprestasi. Soal pendanaan bisa kita cari, yang terpenting bagaimana kita mewujudkan cita-cita menjadikan Sumut lebih unggul dari yang lainnya,” ujar Edy.

Ia minta untuk menanamkan rasa peduli terhadap Sumut, termasuk di bidang olahraga. “Kalau kita tidak pernah menyerah, kita tidak akan pernah gagal,” tegasnya. (edrin/hm12)

Related Articles

Latest Articles