12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Gubernur Lantik 123 Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemprov Sumut

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi melantik 123 pejabat eselon III (administrator) dan eselon IV (pengawas) Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur di Medan, Jumat (2/9/22).

Dari 123 pejabat yang dilantik terbagi dari pejabat eselon III sebanyak 63 orang dan pejabat eselon IV sebanyak 60 orang. Dalam arahannya, Edy Rahmayadi mengatakan jabatan itu bukan hak tapi kewajiban. Kewajiban karena mendapatkan amanah yakni bertanggung jawab, tegak lurus kepada Tuhan YME dan juga kepada seluruh rakyat Sumut.

“Itu yang kita dengar tadi dalam sumpah. Saya ingatkan bahwa jabatan ini tak lama, tapi hisabnya ada dan harus dipertanggungjawabkan. Berkali-kali saya sampaikan termasuk diri saya dengan kata-kata demi Allah, demi Tuhan dengan kitab suci yang dibawa para rohaniawan. Tuntutan jelas untuk rakyat Sumut. Harus dipertanggungjawabkan,” jelasnya saat melantik 123 pejabat eselon III dan IV di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jumat (2/9/22).

Baca juga: Pelantikan Serentak Pejabat Fungsional dan Pengawas di Lingkungan Kabupaten Karo Tahun 2022

Disebutkan Edy, dalam menentukan jabatan ini tidak sesuka hatinya atau sesuka wewenangnya. Ia menuturkan tidak ada koordinasi yang bersifat negatif. Bahkan Ia tak mau ikut campur dengan jabatan ini.

“Demi Tuhan saya tak pernah main-main dengan jabatan ini. Tak ada koordinasi yang bersifat negatif. Karena jabatan ini sudah ada aturan mainnya. Saya kembalikan kepada porsinya. Saya tak mau ikut campur dengan jabatan ini. Ini wewenangnya ada di Sekda. Saya pejabat politis tidak boleh mengganggu profesionalisme dalam tugas organisasi yang telah ditentukan,” sebutnya dalam acara yang dihadiri Sekda Pemprov Sumut, Arief Sudarto Trinugroho.

Salah satu yang menyita perhatian adalah kembalinya Ilyas Suharto Sitorus menjadi pejabat di Pemprov Sumut. Sebelumnya Ilyas pernah menjadi Kabiro Humas dan Pimpinan Setdaprov Sumut. Kemudian Ia pindah ke Pemkab Batubara menjabat sebagai Kadis Pendidikan. Sekitar 2 tahun lebih di Pemkab Batubara.

Dia kemudian ditetapkan menjadi Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Sumut, menggantikan Kaiman Turnip. Ilyas Sitorus melaksanakan tugas sebagai Plt Kepala Dinas Kominfo sejak 2 September hingga adanya pejabat definitif. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles