13.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Gempa Bumi Tektonik M 4,2 Guncang Pinangsori Tapteng

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,2 mengguncang Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (7/4/21) pukul 22.50.17 WIB. Episenter terletak pada koordinat 0,65 LU dan 98,49 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km Timur Laut Nias Selatan-Sumatera Utara pada kedalaman 19 Km.

Plt Kepala BBMKG Wilayah I Medan Eridawati mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter-nya, gempa bumi disebabkan aktivitas subduksi yang berada di bagian barat Pulau Sumatera.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Danau Toba

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di Pinangsori I-II MMI (dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda ringan yang menggantung bergerak, misalnya lampu gantung),” ujarnya, Kamis (8/4/21) pagi.

Eridawati mengatakan, pada pukul 23.30 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” pesan dia. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles