19.1 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Dokter Spesialis RSUD Batu Bara Jarang Masuk

Batu Bara, MISTAR.ID – Direktur RSDU Batu Bara, dr. Jhon Lihar Purba menyayangkan sejumlah dokter spesialis yang jarang masuk kerja. Di rumah sakit itu ada 12 dokter spesialis kontrak berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara). Para dokter ini selain mendapat penghasilan sebagai ASN juga menerima jasa medis serta tunjangan insentif sebesar Rp17 juta setiap orang perbulan.

Sayangnya sebagian dokter spesialis tersebut jarang masuk kerja meski waktu kerja mereka hanya 3 hari dalam seminggu.

Purba sangat mengesalkan ketidakdisiplinan beberapa dokter spesialis seperti 3 dokter spesialis anak yang sangat jarang masuk kerja.

Kedepan dirinya berencana akan mengumpulkan keduabelas dokter spesialis dan membuat kesepakatan pendisiplinan kerja.

“Bila tak aktif kerja, uang insentifnya akan dipotong sesuai hari ketidakhadiran yang bersangkutan”, tegas Jhon Lihar, Kamis (13/2/20).

Sementara menyangkut fasilitas radiologi yang merupakan unit wajib di sebuah rumah sakit, Jhon Lihar mengatakan sudah mengirim surat kepada pihak kejaksaan untuk mengaktifkan kembali fasilitas itu.

Sebab bagi pasien BPJS, diagnosa penyakit wajib berdasarkan hasil rekam radiologi.

Dikatakan Purba, bila tanpa diagnosa radiologi, klaim pasien BPJS hanya dianggap rawat jalan saja meski pasien di rawat inap. Untuk mengantisipasinya, pihak RSUD terpaksa membawa pasien mendapatkan diagnosa radiologi ke RS Inalum Tanjung Gading Sei Suka.

“Kan jadi berkurang pendapatan RSUD Batu Bara”, jelas Purba.

Terkait hal itu dengan telah dibukanya police line di unit radiologi RSUD Batu Bara, Jhon Lihar menyurati Polres Batu Bara dan Kejaksaan Negeri Batu Bara perihal pengoperasian unit radiologi.

Demikian pula mengenai peralatan radiologi yang dijadikan barang bukti disebutkan Purba telah rusak.

“Kedepan kita akan usulkan melalui P APBD 2020 agar radiologi yang lebih canggih dan digital dialokasikan untuk RSUD Batu Bara”, tambah Purba.

Sedangkan mengenai tenaga ahli radiologi diakui Purba telah lengkap sehingga setelah keluarnya surat dari Kejari akan dioperasikan kembali.

Penulis: Ebson

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles