15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Disdik Gelar Lokakarya Guru Penggerak, Kepala BBGP Sumut: Deli Serdang Peserta Terbanyak

Deli Serdang, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Deli Serdang bekerjasama dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumatera Utara dan Cabang Dinas Pendidikan Sumut menggelar lokakarya 7 program guru penggerak angkatan IV Kabupaten Deli Serdang, Jumat (14/10/22) di Aula Akasia Disdik dan Sabtu (15/10/22) di Balairung Pemkab Deli Serdang.

Menurut Koordinator Program Pendikan Guru Penggerak (PPGP) Deli Serdang, Dr Zumakir MPd, program merdeka belajar episode ke 5 Kemendikbud Ristek merupakan salah satu program prioritas Dirjen pembinaan guru dan tenaga kependidikan. Selain dari program sekolah penggerak, hal tersebut merupakan implementasi kurikulum merdeka dan program organisasi penggerak.

“PPGP sebagai program yang mencetak SDM pendidikan unggul, terutama bagi guru guru, kepala sekolah dan pengawas. Termasuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, yaitu Indonesia maju, mandiri, berdaulat dan berkepribadian melalui SDM unggul untuk hasil belajar yang holistik guna terciptanya pelajar Pancasila,” kata Zumakir.

Baca Juga:Cabdis Pendidilkan Siantar Sosialisasi Guru Penggerak Angkatan ke – 5

Dijelaskan Zumakir yang juga Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut, PPGP bertujuan untuk menjadikan pemimpin pembelajaran dan pemimpin pendidikan. Dimana PPGP dijalani oleh calon guru penggerak selama 9 bulan, dan lokakarya 7 angkatan IV ini merupakan panen karya hasil pembelajaran selama 6 bulan sebelumnya melalui lokakarya ke 1 sampai dengan 6 dalam bentuk pembelajaran yang diferensiasi, holistik dan berpusat pada murid.

Kadis Pendidikan Deli Serdang, Yudy Hilmawan MM menyampaikan apresiasi kepada Kepala BBGP Sumut dan seluruh stakeholder pendidikan Deli Serdang yang telah bersama peningkatan mutu pendidikan.

“Kita mendukung penuh program pendidikan guru penggerak dari Kemendikbud Ristek. Karena sangat relevan dengan visi Bapak Bupati yaitu Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyakaratnya yang religius rukun dlm kebhinekaan,” papar Yudy.

Baca Juga:Buruan Mendaftar! Pemerintah Butuh 2.800 Guru Penggerak

Sementara Kepala BBGP Sumut Dr Joko Ahmad Julifan mengaku sangat bangga sekaligus mengapresiasi pelaksanaan loka karya 7 program pendidikan guru penggerak Deli Serdang. Selain jumlahhnya terbanyak di Sumut, panen karya hasil belajarnya kreatif, inovatif dan sangat variatif.

Joko yang baru 5 bulan bertugas di BBGP Sumut ini juga berharap dukungan Disdik Deli Serdang yang selama ini sudah sangat baik terus ditingkatkan. Terbukti dari CGP angkatan 1 sampai dengan angkatan 7 dari Deli Serdang yang mencapai 331 orang.

Komisi IV DPRD Deli Serdang, Hj Sa’adah Lubis dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan loka karya 7 PPGP angkatan IV. Terlihat hadir, Ketua Dewan Pendidikan Deli Serdang Muriadi, Kacabdis Agus Sinaga, Ketua Lembaga Psikologi Dr Amanah Surbakti M.PSi, para kepala sekolah, pengawas sekolah dan calon guru penggerak angkatan IV.(rinaldi/hm15)

Related Articles

Latest Articles