12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Dilanda Banjir dan Longsor, Tapteng Masih Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi wilayah Tapanuli Tengah (Tapteng) masih berpotensi diguyur hujan sore ini.

“Waspada potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir, angin kencang dan longsor,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya Lestari Irene Purba, Sabtu (12/11/22).

Selain Taput, kata Irene, hujan yang akan terjadi sore hari ini juga berpotensi terjadi di Tapsel, Madina, Humbahas, Dairi, Pakpak Bharat, Palas, Paluta, Toba dan Kepulauan Nias.

Baca juga: Longsor di Barus Utara Tapteng Tewaskan Ibu dan Dua Anaknya

“Untuk malam hari ini nanti, hujan ringan hingga Lebat akan terjadi di hampir seluruh wilayah di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Sementara, dini hari nanti hujan ringan diperkirakan akan terjadi di Medan, Deli Serdang, Batubara, Langkat, Serdang Bedagai, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Irene mengatakan, suhu udara Sumatera Utara hari ini berada pada kisaran 16,0-32,0⁰ C. Kelembaban udara 60-98%, sementara angin yang bertiup dari Barat Daya ke Timur Laut berkekuatan 10-30 Km/jam.

“Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi hari ini,” ucapnya.

Baca juga: Selain Longsor, Banjir Juga Merendam Ratusan Rumah di Tapteng

Sebagaimana diketahui, wilayah Tapteng dilanda hujan deras, Jumat (11/11/22), yang mengakibatkan sejumlah daerah di sana dilanda banjir dan merendam ratusan rumah. Selain itu, hujan lebat yang terjadi juga menyebabkan tanah longsor yang menyebabkan ibu dan dua anaknya tewas. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles