16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Diangkat jadi Marga Sidabutar, Erick Thohir akan Bangun Monumen Bangso Batak dan Jadikan Samosir Pusat Cultural 

Samosir, MISTAR.ID

Kedatangan Menteri BUMN Erick Tohir, Sabtu (26/11/2022) ke Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaen Samosir disambut antusias oleh warga masyarakat dan para pejabat pemerintah daerah.

Kunjungannya kali ini untuk memperkuat pelaksanaan program-program pembangunan di kawasan wisata Danau Toba yang telah dijadikan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) untuk dipromosikan ke belahan dunia kepariwisataan.

Kunjungan dan kegiatan Erick Tohir ke Samosir dalam rangka menggelar Tao Toba Heritage Fest bertempat di Kompleks Lopo Hotel Intenasional, Tomok, Kecamatan Simanindo, Sabtu (26/11/22).

Tao Toba Heritage Fest, merupakan promosi pariwisata Danau Toba dirangkai dengan berbagai acara.

Pada acara yang besar itu, Menter Erick Tohir secara adat Batak diresmikan menjadi orang batak yang menyandang marga Sidabutar. Kegiatan juga dirangkai berbagai acara, seperti Fun Bike Visit, Toba Heritage, Cultural Experience, music Festival dan UMKM Booth.

Baca Juga: Wagubsu: 10 Ribu Pohon Ditanam di Togaraja, Samosir Bakal Punya Wisata Buah

Memeriahkan berbagai rangkaian kegiatan, diwarnai kehadiran sederet grup band dan artis ternama ibu kota. Di antaranya, NAFF, Jamrud, Ipang Lazuardi, Vicky Sianipar dan grup band asal Samosir Marsada band yang didatangkan untuk menghibur masyarakat Samosir.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, keberagaman menjadi sebuah kekuatan. Keberagaman kata dia harus dijadikan kekuatan untuk menghindari dan mencegah terjadinya konflik, karena dengan keberagaman itu menjadi potensi bagi Indonesia menjadi lebih cerah ke masa depannya.

“Kita nanti akan bangun monumen bangsa batak, di mana pulau Samosir sebagai pusat Cultural awal, sehingga bisa mendorong perekonomian di Samosir yang namanya pariwisata, sekaligus untuk membuka lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Baca Juga: GOR Tipe B Dibangun, Bupati Samosir Minta Pembangunan Sesuai Spesifikasi

Dikatakannya, Danau Toba sudah ditetapkan sebagai tujuan wisata oleh Presiden Jokowi, dan sebagai dukungan BUMN terhadap pariwisata Danau Toba, akan menggelar event besar perlombaan kapal cepat di Danau Toba dan memetakan aset-aset yang ada di daerah Danau Toba.

“Tidak tanggung-tanggung, kita mengontraknya tidak setahun tetapi 3 tahun lebih, konsisten membangun pariwisata, BUMN terus mendorong pertumbuhan ekonomi, BUMN percaya pariwisata lokal merupakan pariwisata yang utama,” katanya.(josner/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles