25 C
New York
Monday, June 24, 2024

Warga Beringin Potong 12 Ekor Hewan Kurban

Deli Serdang, MISTAR.ID

Warga Dusun Mesjid Desa Beringin,Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang potong 12 ekor hewan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, pada Senin (17/6/24) pagi.

Ke-12 hewan kurban tersebut terdiri dari 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban itu bukan saja disaksikan mereka yang berkurban, tapi juga warga sekitar.

Baca juga:Salurkan 18 Hewan Kurban, Rahmat Shah Ajak Masyarakat Saling Berbagi

“Kita bersyukur pada Hari Raya Idul Adha 1445 H masih tetap saja ada warga yang berkurban di Masjid Jami’. Kita berharap pemotongan hewan kurban yang sudah bertahun-tahun dilakukan tetap berlanjut di tahun depan,” kata Ketua Panitia Kurban, Aldiriansyah.

Dijelaskan Aldiriansyah, setiap 1 ekor sapi dapat untuk 6 orang nama yang berkurban. Sedangkan setiap 1 ekor kambing atau domba untuk 1 nama yang berkurban.

Daging kurban nantinya akan diberikan kepada anak yatim, kaum duafa dan warga sekitar.

Kata Aldiriansyah, berkurban adalah melaksanakan syariat agama. Seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail.

Baca juga:Idul Adha di Siantar, Ratusan Hewan Kurban Disembelih

Dengan berqurban, tambahnya, akan mensucikan diri dan harta benda yang dimiliki dari hal-hal negatif.

Manfaat berkurban lainnya, sebut dia, juga sebagai penghapus dosa dan penebus kesalahan. Kurban juga dapat menjadi kendaraan bagi orang yang bersangkutan ketika melewati shirath di akhirat kelak.

“Allah kan tidak menyukai sifat manusia yang kikir dan pelit.Karena itu,dengan melakukan kurban juga memiliki arti membagikan rezeki. Kan berkurban merupakan sunnah muakkad dalam bentuk sedekah kepada masyarakat,” papar Aldiriansyah. (rinaldi/hm16)

Related Articles

Latest Articles