22.6 C
New York
Monday, July 1, 2024

Petugas Puskesmas dan Peserta JKN yang Sempat Bertengkar Sepakat Berdamai

Deli Serdang, MISTAR.ID

BPJS Kesehatan meminta kepada seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan agar penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dilandasi komitmen transformasi mutu layanan fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan optimal kepada peserta JKN.

Hal ini disampaikan Pejabat Pengganti Sementara Kepala Cabang BPJS Kesehatan Lubuk Pakam, Ikhwal Maulana pada siaran persnya kepada wartawan dalam kunjungan kerja ke Puskesmas Tanjung Marulak, Kota Tebing Tinggi, Senin (22/1/24).

Hal itu dilakukannya untuk menindaklanjuti viralnya pemberitaan di sejumlah media terkait dengan video pelayanan administrasi oleh petugas Puskesmas Tanjung Marulak terhadap peserta JKN, Abdul Sani Hasibuan.

Dijelaskan Ikhwa, transformasi mutu layanan yang diupayakan pihaknya bersama seluruh fasilitas kesehatan mengedepankan prinsip pelayanan yang mudah, cepat dan setara bagi peserta JKN saat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

“Komitmen transformasi mutu layanan, kami harapkan dapat menandai munculnya semangat melayani yang semakin menuju ke arah yang lebih baik. Kita sama-sama berharap masyarakat terlayani dengan baik dan puas dengan pelayanan yang diterima, serta tidak merasa ada pembedaan perlakuan sebagai peserta JKN,” jelasnya.

Baca Juga : Tak Bawa Kartu BPJS, Puskesmas Tanjung Marulak Tolak Pasien

Menanggapi adanya keluhan peserta JKN terkait pelayanan oleh salah satu fasilitas kesehatan di Kota Tebing Tinggi, Ikhwal mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan kedua belah pihak, yaitu peserta JKN Abdul Sani Hasibuan dan Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi.

“Kedua pihak telah mencapai kesepahaman untuk menyelesaikan persoalan yang telah mengemuka tersebut secara kekeluargaan. Dimana kedua belah pihak difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi melakukan pertemuan klarifikasi di hadapan sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan online,” ungkapnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles