26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Biaya Pendidikan Mahal, LSM Sampan RI Kritisi TK Negeri Pembina Lubuk Pakam

Deli Serdang, MISTAR.ID

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Solidaritas Negeri Pemantau Aset Negara Republik Indonesia Sanpan RI mengkritisi keberadaan lembaga pendidikan TK Negeri Pembina Lubuk Pakam yang dinilai terlalu mahal membebankan biaya pendidikan kepada masyarakat.

Mahalnya biaya pendidikan di TK Negeri Pembina Lubuk Pakam hingga berujung gagalnya anak petugas kebersihan mesjid untuk bersekolah di TK milik Pemkab Deli Serdang itu. Tidak hanya biaya pendidikan yang memberatkan peserta didik, namun juga biaya kelengkapan sekolah seperti baju seragam dan perlengkapan lainnya.

“Kita minta agar sekolah tersebut memperhatikan kondisi dan memahami sensitivitas dari masyarakat sehingga tidak berlebihan terkait biaya masuk. Kita harus ingat tentang tujuan awal berdirinya lembaga pendidikan,”ujar Aspin Sitorus Ketum LSM Sanpan RI, Selasa (11/6/24).

Baca juga:Kontraktor Tak Pasang Papan Proyek Pembangunan Gedung di TKN Pembina Lubuk Pakam

Sambung Aspin, bagaimana pun juga TK Negeri Pembina itu merupakan satuan pendidikan. Tujuan semulanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Jangan sampai akhirnya memberatkan masyarakat dari sisi ekonomi terutama warga miskin. Sekolah negeri kan biaya operasionalnya dibantu oleh pemerintah sehingga seharusnya relatif lebih murah,” tambah Aspin

Jangan pada akhirnya, ujar Aspin, kesadaran masyarakat Deli Serdang untuk pendidikan TK semakin menurun. Masyarakat berfikir jika SD dan SMP bisa gratis, kenapa sekolah TK malah sekali.

Padahal kata dia, pendidikan anak usia dini sangat penting, karena anak memasuki usia emas (golden age).

“Di fase ini, kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi. Segala informasi yang diserap oleh anak di usia tersebut akan berdampak baginya di kemudian hari,”beber Aspin Sitorus.

Diberitakan sebelumnya, niat petugas kebersihan mesjid menyekolahkan anaknya di Sekolah Penggerak Angkatan I Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Formal (UPT SPF) Taman Kanak-kanak Negeri (TKN) Pembina Kecamatan Lubuk Pakam pupus.

Baca juga:TK Pembina Batu Bara Diminta Pantau Kesehatan Anak Cegah Stunting

Sebab uang sekolah, pembelian pakaian seragam dan uang alat selama setahun yang disodorkan pihak TK Negeri Pembina tersebut dinilai memberatkan para calon orang tua murid baru.

Sebulan uang sekolah di TK Negeri itu Rp65 ribu. Kemudian pembelian 3 pasang pakaian seragam Rp450 ribu dan uang alat setahun Rp250 ribu totalnya mencapai Rp765 ribu.

Menurut keterangan Mahyuni Pohan, salah seorang guru di TK Negeri Pembina Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan Tirta Deli Kelurahan Jati Sari Kecamatan Lubuk Pakam tersebut bahwa kegunaan uang sekolah diantaranya untuk membayar guru honor.(sembiring/hm06)

Related Articles

Latest Articles