22.4 C
New York
Friday, June 28, 2024

Bangun Nilai Kemerdekaan, Bupati Sergai Ajak Pemuda Ikuti Semangat Boedi Oetomo

Sergai, MISTAR.ID

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengajak generasi muda untuk menjadikan semangat Boedi Oetomo sebagai inspirasi untuk ikut berperan membangun kemerdekaan.

Ia menyebut, lebih dari seabad lalu, Boedi Oetomo lahir sebagai organisasi yang menumbuhkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Semangatnya dilanjutkan dengan perluasan nasionalisme, pendidikan, dan perjuangan politik.

Pesan itu disampaikan bupati sebagaimana isi sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi dalam upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116, Senin(20/5/24) di halaman kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Baca juga: Peringatan Harkitnas, Kabag Ops Polres Tebing Tinggi Sampaikan Amanat Menteri

“Beliaulah yang menggodok aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia untuk pertama kali muncul sejak lebih dari seabad lalu. Di tangannya kemajuan itu dirumuskan, diperinci, dan diperjuangkan, untuk kemudian menjadi milik seluruh bangsa Indonesia. Ia sadar betul bahwa dalam zaman baru yang modern, peralatan paling mumpuni adalah pendidikan,” ujarnya.

Lewat sambutannya ini, Menkominfo mengatakan Indonesia saat ini berada pada fase kebangkitan kedua. Menurutnya, rakyat Indonesia tidak lagi berjuang melawan penjajah, namun menghadapi tantangan dan peluang baru di era globalisasi.

“Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Di satu sisi, teknologi membuka peluang untuk meningkatkan kemajuan bangsa, seperti dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Di sisi lain, teknologi juga menghadirkan tantangan, seperti cybercrime, hoaks, dan kesenjangan digital,” ucap Menkominfo.

Baca juga: Kapolres Batu Bara: Jadikan Harkitnas Momentum Pererat Persatuan dan Kesatuan

Dirinya juga meyakini bonus demografi yang dimiliki Indonesia menjadi kekuatan besar dalam kebangkitan kedua ini. Dengan 60% penduduk usia produktif, menurutnya Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk menjadi negara maju.

“Namun, bonus demografi ini hanya akan bermanfaat jika dikelola dengan baik. Kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang berkualitas. Transformasi digital juga menjadi kunci dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Menutup sambutanya, Budi Arie menyebut pemerintah telah mencanangkan percepatan transformasi digital nasional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kita perlu mendukung upaya pemerintah ini dengan meningkatkan literasi digital dan memanfaatkan teknologi untuk berbagai hal yang positif. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!,” pungkasnya. (damanik/hm17)

Related Articles

Latest Articles