28 C
New York
Saturday, June 15, 2024

Peringatan Harkitnas, Kabag Ops Polres Tebing Tinggi Sampaikan Amanat Menteri

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Andreas LJ Tampubolon diwakili Kabag Ops, AKBP Yengki Deswandi selaku inspektur upacara (irup) memimpin pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116, pada Senin (20/5/24) di Lapangan Apel Polres setempat.

Upacara turut dihadiri para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira, Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Tebing Tinggi.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi yang dibacakan irup menyampaikan, bahwa hari ini dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi melesat cepat.

Baca juga:Kapolres Batu Bara: Jadikan Harkitnas Momentum Pererat Persatuan dan Kesatuan

“Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih dari pada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga 2 dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” sebut Yengki.

Lanjutnya, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Harkitnas yang kita rayakan hari ini,” paparnya.

“Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia. Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai jembatan emas. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah jembatan emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri,” sambungnya.

Baca juga:Harkitnas Ke-116, Sekda Labusel: Kebangkitan Nasional Kedua Menuju Indonesia Emas

Dikatakan Yengki, inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari. Menurutnya, kecepatannya bak lompatan kuantum. Di mana dalam 2 dekade terakhir, perubahannya demikian pesat. Teknologi digital, misalnya, telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang.

Kabag Ops menuturkan, dalam aspek bisnis, sosial dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis.

Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap

“Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, rintangan demi rintangan dapat kita hadapi bersama. Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air,” ungkapnya.

Baca juga:Peringati Harkitnas, Pj Gubsu Minta ASN Beri Pelayanan Terbaik ke Masyarakat

Lebih lanjut Yengki mengatakan, di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi dan potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045.

“Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas,” pungkas Yengky. (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles