13.1 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Suara Caleg Golkar Dapil 1 Dairi Bertambah Tak Lazim, KPU Diminta Bertindak

Dairi, MISTAR.ID

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan(PDIP) Kabupaten Dairi, Resoalon Lumban Gaol menemukan perbedaan hasil perolehan suara Caleg Partai Golkar Dairi pada Dapil I Dairi, dengan jumlah suara sah yang sebenarnya pada formulir C1  TPS 020 Kelurahan Batang Beruh Kecamatan Sidikalang Dairi. Kamis(15/2/24)

Atas temuan itu, Resoalon berharap pada plano penghitungan suara di tingkat Kecamatan(PPK), pihak KPU Dairi beserta pihak terkait diminta agar jeli melihatnya. Menurutnya, perbedaan jumlah itu sangat menguntungkan caleg Partai Golkar.

Sambil menunjukkan, formulir C1 TPS 020 Batang Beruh, Resoalon meminta KPU Dairi agar langsung memberikan tindakan tegas kepada KPPS karena masalah ini diduga ada unsur kesengajaan membuat total  jumlah dari hasil fakta suara sebenarnya menjadi penggelembungan.

“Di mana jumlah sebenarnya dari tiga caleg Golkar itu, masing-masing memiliki jumlah perolehan suara, ada 8 tambah 6 dan 4 suara, namun dalam formulir C1 ditotal menjadi 48 suara. Bertambah 30 suara. Aneh bukan? ada apa ini,” kata Resoalon sambil berharap KPU Dairi dan Bawaslu Dairi bertindak.

Dijelaskannya, caleg dari Golkar di Dapil 1 Dairi ada 10 orang atau 10 nomor urut. Namun khusus pada TPS 020 Batang Beruh, hanya ada tiga caleg yang memperoleh suara. Itu dilihat dari formulir C1.

Adapun yang mendapatkan suara antara lain, nomor urut 1 Johanson Manik dengan jumlah 8 suara, nomor urut 5 Nikodemus Situmorang dengan jumlah 6 suara dan  nomor urut 10 Jogia  Sopipot Simarmata dengan jumlah 4 suara.
“Namun  jumlah suara sah partai dan calon (atau A.1 +A2)  sebanyak 48,” ujarnya.

Pihak KPU dan Bawaslu Dairi, ketika dicoba dihubungi  mistar.id  lewat telepon belum  berhasil.(manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles