15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bupati Pakpak Bharat Serahkan Bantuan Ritual ‘Menanda Tahun’ Marga Manik

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Marga Manik Pergetteng-Getteng Sengkut Sisada Rube Sitellu, Desa Sienem Kuta akan melaksanakan upacara adat ‘Menanda Tahun’ di Delleng Simenoto, Sabtu (24/2/24), tempat ritual adat ini dilaksanakam setiap tahunnya.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyerahkan bantuan pemerintah dalam pelaksanaan ritual adat ‘Menanda Tahun’ se-Kabupaten Pakpak Bharat di halaman Kantor Camat Pergetteng-Getteng sengkut, Kamis (22/2/24).

“Ini bukan bantuan, hanya sedikit oleh-oleh dari kami Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, selamat melaksanakan ritual adat menanda tahun,” ujar Bupati.

Dia mengatakan, dalam ritual adat ini pihaknya tidak bermaksud menduakan Tuhan. Namun, melalui upacara adat ini kita berdoa kepada Tuhan supaya kita lebih meningkat lagi.

“Kita melihat ada kemajuan dari tahun ke tahun, jalan ke Pagindar misalnya, semakin baik. Pertanian kita bagus, tidak ada musim paceklik. Masyarakat kita sehat-sehat. Harapan kita semua semoga semakin baik kedepan,” ungkapnya.

Baca Juga : Upacara Ritual Menanda Tahun di Delleng Simenoto, Seperti Ini Penerawangan Karmel Manik

Bantuan berupa satu ekor kerbau diberikan kepada Sulang Silima Marga Manik Sisada Rube Sitellu Desa Sienem Kuta, sementara untuk beberapa marga-marga lain yang juga akan melaksanakan ritual adat serupa diberikan bantuan berupa ayam sebanyak 30-60 ekor.

“Terima kasih kepada Pemerintah yang sudah peduli dengan kegiatan ini dan memberikan bantuan. Untuk ke depannya mari kita rembukkan bersama bagaimana ritual Menanda Tahun ini bisa dilaksanakan serentak di seluruh marga yang ada, sehingga ritual ini benar-benar menjadi sebuah ritual bersama, satu doa, satu kerja dan satu musim tanam, itulah tujuan menanda tahun sebenarnya,” ucap Marno Manik, perwakilan marga Manik.

Related Articles

Latest Articles