12.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Cegah Kanker, Masyarakat Diminta Lakukan Pemeriksaan Awal

Batu Bara, MISTAR.ID

Untuk meminimalisir kasus kanker, Plt Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Batu Bara dr Deni Syahputra meminta masyarakat melakukan pemeriksaan awal.

“Kasus kanker di Indonesia tinggi. Itu sebabnya penting penanganan dini. Pemeriksaan awal tentu bisa menjadi kewaspadaan awal,” jelasnya saat menghadiri workshop FKTP di aula Buffet Mangga di Sei Suka, Kamis (20/7/23).

Menurut Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batu Bara, Maya Indriasari Zahir, pemeriksaan awal jangan hanya dilakukan satu kali. Namun, secara berkala.

Baca juga: Juli Ini WHO Bakal Publikasikan Pemanis Buatan Aspartam Penyebab Kanker  

“Prognosis hidup termasuk tinggi bila kanker terdeteksi di stadium 1 dan 2. Sekitar 90 persen bisa dikendalikan. Berbeda saat diketahui saat stadium lanjut. 90 persen tidak bisa diselamatkan. Hal ini menunjukan pentingnya deteksi dini untuk dilakukan oleh setiap individu, baik secara mandiri dan yang terutama pemeriksaan medis,” ungkap Maya.

Lanjutnya, salah satu penyebab tingginya kasus kanker di Indonesia adalah kondisi lingkungan yang terus menghasilkan bahan karsinogen seperti rokok, daging olahan, dan makanan siap saji.

“Penyebab lain yang juga mempengaruhi yaitu kebiasaan begadang, kurang olahraga dan makan terlalu banyak,” tambahnya. (Ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles