16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Bupati Taput Salurkan Bantuan Terdampak Bencana Gempa Bumi ke Rumah Ibadah

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi melalui Asisten Administrasi dan Umum Binhot Ishak Aritonang didampingi Kadis Kominfo Hendrik Taruna Surbakti SSTP MSi, Kaban Pendapatan Josua Situmeang, Camat Sipoholon Ronald Situmorang serta TNI-Porli melakukan penyerahan bantuan kepada rumah ibadah yang terdampak bencana alam di Kecamatan Sipoholon. Penyerahan bangtuan bertempat di Kantor Camat Sipoholon, Jumat (14/10/22).

Adapun rumah ibadah yg terdampak bencana gempa bumi sesuai data di Kecamatan Sipoholon, adalah 35 rumah ibadah dengan tingkat kerusakan yang telah diverifikasi tim teknis dengan kriteria rusak ringan  26, rusak sedang 8 dan rusak berat 1.

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan, terkhusus agar perbaikan gereja cepat dilakukan dan masyarakat dapat kembali beribadah dan melakukan aktifitas di dalam pelayanan seperti biasanya.

Baca Juga:Gempa Bumi Susulan Kembali Terjadi di Taput, BMKG Catat Ada 95 Kejadian

Pada kesempatan yang sama di tempat berbeda, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi diwakili Kadispora Marco Panggabean menyerahkan bantuan ke rumah ibadah yang terdampak bencana alam di Kecamatan Siatas Barita, yakni 12 gereja dan 2 masjid. Penyerahan bantuan dilakukan di GKPI Simorangkir Julu.

Selanjutnya, Kadis Naker Drs Sofian Simanjuntak bersama Kadis Pertanian SEY Pasaribu, Kadis Ketapang Ir Longgos Pandiangan, Kabag Umum Erwan Hutagalung, Kabag PBJ H Laomor Swandi bersama Camat Pahae Julu Maradu Parulian Sitompul SE melakukan pembagian bantuan untuk rumah ibadah yang rusak akibat gempa bumi di Kecamatan Pahae Julu. Penyerhan bantuan bertempat di GKPI Nahornop Desa Hutabarat Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara.

Adapun jumlah Unit Rumah Ibadah yang terkena dampak bencana gempa bumi di Kecamatan Pahae Julu sebanyak 6 bangunan.

Baca Juga:Pemkab Simalungun Bantu Korban Gempa Bumi Taput Rp170 Juta

Sementara di tempat yang sama, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Kapolsek Parmonangan AKP Hinsa Marpaung bersama bhabinkamtibmas mendampingi Tim IV, juga memberikan bantuan untuk rumah ibadah yang rusak akibat gempa bumi. Bantuan disalurkan kepada para pendeta dan pengurus gereja di Kecamatan Parmonangan, di Posko Huta Tinggi, Kecamatan Parmonangan.

Pada kesempatan itu Ketua Tim IV menyampaikan kepada para pendeta dan pengurus gereja agar bantuan yang diberikan dipergunakan untuk pembangunan gereja kembali, supaya pelaksanaan ibadah tidak lagi di luar gereja. Disebutkan, bantuan berasal dari partisipasi para penyumbang ke rekening Taput Margogo.

Pembagian bantuan ke rumah ibadah terdampak bencana gempa ini dilakukan serentak di empat kecamatan yang ada di Tapanuli Utara, yaitu Kecamatan Sipoholon, Siatas Barita, Pahae Julu dan Kecamatan Parmonangan. Bantuan disampaikan secara simbolis dengan jumlah uang tunai Rp1 juta per rumah ibadah dan bahan bangunan sesuai klasifikasi kerusakan.(fernando/hm15)

Related Articles

Latest Articles