19.7 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Bupati Deli Serdang: Lansia Berperan Penting Sebagai Subjek Panutan Hidup Keluarga

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan menyebutkan, menjadi orang yang lanjut usia (lansia) merupakan proses alamiah setiap orang. Yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan kualitas hidup dan kesehatan dapat tetap terpelihara dengan baik.

“Lansia merupakan siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. Dan setiap kali menyebut kata lansia, di pikiran kita adalah seseorang yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Tadi ada dua puisi dibacakan salah seorang perwakilan, yang membantah lansia adalah kaum lemah dan berguna lagi,” kata Ashari di acara senam lansia dan pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas dalam rangka memperingati Hari Lansia ke 27 dan Hari Jadi ke 77 Kabupaten Deli Serdang di Lapangan Sepakbola Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Rabu (21/6/23).

Menurut Ashari, lansia memiliki peran penting sebagai subjek untuk menjadi panutan hidup di keluarga dan masyarakat sekitar. Karena dalam mewujudkan keluarga sehat dengan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki dan diperkaya dengan pengetahuan kesehatan yang sesuai.

Baca juga: Giat Sapa Warga, Camat Medan Marelan Beri Bantuan Kepada Kakek Lansia

Disebutkan Bupati, dalam rangkaian peringatan Hari Lansia Tahun 2023, selain senam bersama lansia, juga akan dilaksanakan pencanangan Kampung Keluarga Berencana Berkualitas.

“Saya berharap, melalui pencanangan Kampung Keluarga Berencana ini akan mampu menetapkan peran masyarakat untuk mengupayakan pemenuhan gizi seimbang bagi balita,” tuturnya.

Kegiatan dirangkai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kampung Keluarga Berkualitas kepada Kecamatan Percut Sei Tuan, Hamparan Perak dan Sunggal.

Lalu, pemberian hadiah dan penghargaan pada 6 pemenang Lomba Dapur Stunting (Dashat), pemenang Kelompok Lansia Aktif, Pelayanan Sejuta Akseptor, penyerahan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), pemberian tali asih kepada peserta KB Lestari Nasional dan Lansia Tangguh Inspiratif, serta tali asih kepada lansia oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga: Petugas Kloter Diminta Terus Pantau Kondisi Jamaah Lansia dan Disabilitas

Kedepan, harap Ashari, semua Kampung Keluarga Berkualitas yang terbentuk dapat mengoptimalkan kegiatan dan mengimplementasikan pembangunan kualitas sumber daya yang bebas stunting.

Acara itu turut dihadiri, Wabup Deli Serdang, M Yusuf Siregar, Ketua TP PKK, Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua, Sri Pepeni Yusuf Siregar, anggota DPRD Deli Serdang, Irawan, Rakhmadsyah dan  Ismayadi, Kacabjari Labuhan Deli, Hamonangan Sidauruk, Sekretaris Daerah (Sekda), Timur Tumanggor, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Boya Timur Tumanggor, para Staf Ahli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa (Kades) dan Lurah.

Dalam acara tersebut, disampaikan jika Kades Tanjung Rejo, Selamet dan istri, Rosita akan mewakili Kabupaten Deli Serdang dan Provinsi Sumatera Utara pada ajang KB Lestari 20 Tahun tingkat nasional. (rinaldi/hm16)

Related Articles

Latest Articles