22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Sumut Diguyur Hujan Besok

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah di Provinsi Sumatera Utara akan diguyur hujan besok atau Minggu (22/10/23).

Pada dini hari semua wilayah di Sumut akan berawan. Namun pada pagi hari, hujan dengan intensitas ringan turun di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Medan, Serdang Bedagai (Sergai) dan sekitarnya.

“Siang sampai sore hari hujan meluas ke wilayah Simalungun, Labuhan Batu Utara (Labura), Labuhan Batu Selatan (Labusel), Labuhan Batu, Asahan dan Pakpak Bharat,” ucap Prakirawan, Budi Prasetyo, pada Sabtu (21/10/23).

Baca juga: BMKG: 2023 jadi Tahun Terpanas dalam Sejarah Manusia

Dikatakan Budi, hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Tengah (Tapteng), Sibolga, Tapanuli Selatan (Tapsel), Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasundutan (Humbahas), Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta), Samosir, Toba dan sekitarnya.

“Malam hari hujan diprediksi turun di Langkat, Karo, Dairi, Binjai, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Tebing Tinggi dan sekitarnya,” katanya.

Untuk titik panas (hotspot), jelas Budi, tidak di Sumut. Adapun suhu udara 15-32.0 °C dengan kelembaban udara 60-99% dan angin berhembus dari arah Tenggara menuju barat laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Baca juga: BMKG Prediksi Panas Ekstrem di Indonesia Hingga Oktober 2023

“Kami menghimbau agar masyarakat di wilayah pegunungan, lereng barat dan pantai barat Sumut untuk mewaspadai bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan longsor,” tutupnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles