24.8 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Harimau Sumatera yang Serang Dua Warga di Langkat Berhasil Ditangkap

Langkat, MISTAR.ID

Harimau Sumatera yang menyerang dua warga di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat berhasil ditangkap oleh tim gabungan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan petugas Kementerian Kehutanan bersama warga di kawasan dusun v damar hitam, desa Mekar Makmur kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Sabtu (16/3/2024) sore.

Camat Sei Lepan, M Iqbal Ramadhan saat dikonfirmasi mengatakan, satu ekor Harimau Sumatera yang diduga menyerang warga telah berhasil ditangkap dengan cara ditembak bius oleh petugas.

“Alhamdulillah, kemarin sore satu ekor Harimau Sumatera sudah berhasil masuk perangkap petugas dan ditembak bius,” ujar Camat Sei Lepan, M Iqbal Ramadhan via telepon.

Dia mengatakan, pasca penyerangan Harimau tersebut, petugas dibantu relawan dan masyarakat sudah memasang alat jerat dan perangkap di sejumlah lokasi hingga akhirnya tim berhasil menangkap satu ekor Harimau Sumatera.

Baca Juga : Newsroom: Dua Ekor Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke TNGL

Harimau yang ditangkap tersebut berjenis kelamin betina dengan kalung atau gesper di lehernya, yang diduga adalah Harimau Sumatera yang diberi nama Beru Situtung yang dilepasliarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 6 Maret yang lalu.

“Sejak kejadian penyerangan warga, petugas bersama relawan dan warga sudah memasang alat jerat dan perangkap, hingga akhirnya harimau sumatera Beru Situtung berhasil ditangkap dan dibawa petugas ke lokasi karantina,” jelasnya.

Sedangkan satu ekor Harimau lainnya telah diusir masuk ke dalam hutan. “Informasi dari petugas satu ekor Harimau sudah diusir masuk ke dalam hutan, tapi warga harus tetap waspada khususnya saat berada di lokasi ladang mereka dan harus tetap tenang,” ucapnya.

Sebelumnya, pada Senin (11/3/24) lalu, seorang warga atas nama Jeremia Peranda Ginting diserang Harimau Sumatera saat memanen cabai di areal perladangan mereka dan mengalami luka di bagian kepala dan leher serta harus dijahit sebanyak 82 jahitan. Selang beberapa hari, Harimau Sumatera kembali menyerang warga atas nama Muhamad Ikhwan Sembiring saat memanen buah sawit dan mengalami luka robek di kedua kakinya.

Related Articles

Latest Articles