10.5 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Bibit Siklon Tropis Picu Tingginya Hujan di Sumut 3 Hari ke Depan

Medan, MISTAR.ID

Hampir seluruh wilayah Sumatera Utara (Sumut) dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat sepanjang hari, sejak seminggu terakhir. Kondisi ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan, berdasarkan pola angin gradien, terpantau bibit Siklon Tropis S 98B di Samudera Hindia sebelah barat Aceh, tepatnya di sekitar 3,4 LU 95,2 BT dengan kecepatan angin 15 knot dan tekanan 1008 mb.

“Hal tersebut memicu pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumut dan sekitarnya,” ujar Hendro, Kamis (15/12/22) pagi.

Baca juga: Badai Nalgae Menerjang Filipina Selatan, 13 Tewas

Dikatakannya, kondisi udara lapisan atas cukup labil, sehingga mendukung terbentuknya awan-awan hujan di wilayah Sumatera Utara. Suhu Permukaan Laut (SPL) di Perairan Barat Sumatera dan Selat Malaka sendiri berkisar antara 29-31°C.

“Hal ini mengindikasikan adanya asupan uap air yang cukup tinggi di wilayah perairan tersebut khususnya Samudera Hindia Barat Sumatera Utara yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan,” ucapnya.

Berdasarkan analisis tersebut, wilayah Sumut dalam 3 hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang cukup lama. Cakupan wilayah juga luas, sehingga berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi).

Baca juga: BMKG Ingatkan Waspada Potensi Hujan Deras di Sejumlah Daerah

“Terlebih saat ini Sumut sedang mengalami musim hujan, ditandai dengan meningkatnya intensitas hujan,” katanya.

Hendro kemudian mengimbau para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiap-siagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles