20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Besok, Karo Hingga Paluta Berpotensi Dilanda Hujan Guntur   

Medan, MISTAR.ID

Beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga deras pada besok atau Minggu (2/7/23).

Adapun wilayah seperti Kepulauan Nias, Mandailing Natal (Madina) dan sekitarnya diprediksi akan berawan banyak dan berpeluang hujan pada pagi hari.

“Siang sampai sore hari berpotensi hujan ringan hingga hujan guntur di Karo, Samosir, Simalungun, Toba, Padang Lawas Utara (Paluta) dan sekitarnya,” ucap prakirawan Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Christina A Matondang, pada Sabtu (1/7/23).

Baca juga: BMKG Wilayah I Medan Imbau Masyarakat Waspadai Curah Hujan Tinggi

Sementara untuk malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga deras berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Serdang Bedagai (Sergai), Medan dan sekitarnya.

“Pada dini hari, dominan seluruh wilayah di Sumut berawan banyak. Suhu udara 16.0-33.0 derajat celcius, dengan kelembaban udara antara 65-98 persen. Untuk titik panas (hotspot) 0, sementara angin bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 10-30 km/jam,” jelasnya.

Untuk itu, BMKG pun mengimbau warga yang tinggal di wilayah pegunungan, lereng timur hingga lereng barat untuk waspada.

Baca juga: Peringatan! Hujan dan angin kencang berpotensi terjadi di 21 provinsi saat Idul Adha 29 Juni

“Hujan dengan intensitas ringan hingga deras disertai guntur dan angin kencang dapat memicu terjadinya genangan air, banjir, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya. Untuk itu masyarakat harap waspada dan mengikuti perkembangan selanjutnya melalui BMKG,” pungkas Christina. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles