19 C
New York
Monday, May 20, 2024

Bawaslu dan PWI Tebing Tinggi Teken MoU Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tebing Tinggi melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tebing Tinggi, Kamis (16/6/22) di sekretariat Bawaslu, Jalan Deblot Sundoro.

Penandatanganan nota kesepahaman antara kedua lembaga terkait pengawasan partisipatif pemilihan umum 2024 tersebut dilakukan Ketua Bawaslu Tebing Tinggi Harirayani bersama Ketua PWI Tebing Tinggi Abdullah Sani Hasibuan.

Ketua Bawaslu Tebing Tinggi Harirayani menyampaikan, dalam rangka pengembangan tugas dan fungsi Bawaslu, sebagai salah satu lembaga penyelenggaraan pemilu, maka perlu dibangun kerja sama dan hubungan antar lembaga dalam pelaksanaan pengawasan pemilu.

Baca Juga:Bawaslu Sumut Mulai Buka Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024

Untuk itu Bawaslu Tebing Tinggi melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain seperti, instansi pemerintahan, lembaga pendidikan dan lembaga non pemerintah. Kerja sama dalam bentuk MoU dalam upaya penguatan hubungan antar lembaga, mengembangkan pengawasan partisipasif yang melibatkan masyarakat umum.

Menurut Harirayani, penandatanganan MoU ini bertujuan untuk aktif mendorong kegiatan yang demokratif dalam seluruh proses tahapan pemilu. Kepentingan fokus partisipasif menjadi salah satu indikator dalam peningkatan kualitas demokrasi bagi kehidupan politik bangsa.

“Ada 5 indikator terlaksananya pemilu berkualitas, di antaranya aturan yang tegas dan jelas, netralitas, peserta pemilu yang taat aturan dan pemilih yang cerdas dan partisipatif,” ungkapnya.

Baca Juga:Bawaslu Siantar Lauching Pendaftaran Pemantau Pemilu

Sementara itu Ketua PWI Tebing Tinggi Abdullah Sani Hasibuan menyampaikan, PWI Tebing Tinggi siap mendukung terlaksananya pemilu yang berkualitas khususnya di Kota Tebingtinggi melalui penyampaian informasi dan pemahaman pemilu yang baik dan benar.

Menurut Sani, pemilu yang berkualitas merupakan cermin pelaksanaan pendidikan demokrasi yang berjalan dengan baik dan dapat dipahami semua pemilih.

“Untuk itu PWI Tebing Tinggi menyambut baik dilaksanakannya kerja sama ini sebagai usaha bersama untuk melahirkan pemilu yang demokratis, jujur, adil dan bermartabat,” ujarnya.

Adapun nota kesepahaman antara Bawaslu Tebing Tinggi dengan PWI Tebing Tinggi tersebut meliputi, bidang penelitian, bidang pelatihan, bidang pemanfaatan sarana dan prasarana, bidang pemanfaatan SDM, dan memberikan informasi pemberitaan kepada masyarakat terkait pemilu. (nazli/hm14)

Related Articles

Latest Articles