29.4 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Pj Bupati Ajak Masyarakat Batu Bara Sukseskan Germas

Batu Bara, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Nizhamul mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Batu Bara untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam mensukseskan program gerakan masyarakat hidup sehat (germas).

Salah satu langkah menyukseskan germas adalah rutin mengikuti Inveksi Visual Asam Asetat (IVA) Test bagi kaum Perempuan Usia Subur (PUS).

Ajakan tersebut disampaikan Nizhamul pada gebyar IVA Test di Puskesmas Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, pada Sabtu (1/6/24).

Baca juga:Wali Kota Siantar Paparkan Germas : Hindari Makanan Cepat Saji

Sebelumnya, Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Deni Syahputra menjelaskan, IVA Test adalah deteksi dini kanker serviks dengan sebuah metode. Metode ini dilakukan dengan mengoleskan asam asetat ke leher rahim, kemudian setelah itu dapat disimpulkan hasilnya apakah normal atau tidak, untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan, mencermati perkembangan kasus kanker yang dialami para PUS saat ini, tentunya sangat mengkhawatirkan dan dapat berdampak pada aspek kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi masyarakat.

“Dua dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang PUS adalah kanker payudara dan kanker leher rahim (kanker serviks)” ucap Nizhamul.

Baca juga:Kemenkes-Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Germas di Kota Binjai

Selanjutnya dirinya menyebut, sebenarnya, kanker itu dapat dikendalikan dan diobati, dengan syarat harus dilakukan melalui upaya deteksi dini secara teratur, sehingga sekitar 90% bisa dikendalikan dan peluang kesembuhan kanker payudara dan kanker leher rahim dapat meningkat.

“Semakin cepat kanker terdeteksi, maka pengobatan yang dibutuhkan menjadi lebih mudah dengan biaya rendah dan akan meningkatkan angka harapan hidup yang lebih tinggi,” lanjut Nizhamul.

Pemkab Batu Bara senantiasa berkomitmen untuk melindungi masyarakatnya, terkhusus pada kelompok perempuan usia subur.

Baca juga:Pemkab Simalungun Gelar Kegiatan Pelaksanaan Bumil Sehat Pada Acara Germas

Secara masif, setiap tahunnya Kabupaten Batu Bara melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim melalui Sadanis dan IVA Test terhadap PUS (usia 30-50 tahun) atau di bawah 30 tahun yang sudah melakukan hubungan seksual.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang Pembantu Bank Sumut Lima Puluh juga menyerahkan paket sembako sebesar Rp 50 juta kepada Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara. Dan diserahkan secara simbolis Nizhamul pada masyarakat.

Usai memberikan bantuan sembako, Pj Bupati beralih menyapa masyarakat yang sedang melakukan pengobatan di Puskesmas.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Batu Bara, Norma Deli Siregar dan Ketua TP PKK, Raja Arena Sumela Nizhamul. (ebson/hm16)

Related Articles

Latest Articles