15.2 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Bantu Identifikasi Korban Longsor Humbahas, Polda Sumut Turunkan Tim DVI

Medan, MISTAR.ID

Guna identifikasi terhadap para korban banjir bandang di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menurunkan tim disaster victim identification (DVI) Dokkes, Kamis (7/12/23).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan tim DVI ini nantinya yang melakukan identifikasi identitas dari korban dan telah berada di lokasi kejadi sejak beberapa hari yang lalu.

“Jadi, tim DVI Dokkes Polda Sumut sudah dilokasi sejak beberapa hari lalu. Mereka nantinya yang membantu melakukan identifikasi terhadap korban yang ditemukan,” kata Hadi, Kamis (7/12/23) pagi.

Kata Hadi lagi, jarak ditemukannya korban tentu sangat berpengaruh dengan kondisi korban saat ditemukan nantinya. Bahkan, ada kemungkinan korban tidak mudah untuk dikenali lagi. Guna mengantisipasi hal itu, maka Polri menurunkan Tim DVI untuk melakukan identifikasi.

Baca juga: Polisi Lakukan Pencarian Korban Longsor Humbahas Hingga Aliran Danau Toba

“Lama kejadian sudah berhari-hari. Tentu perubahan fisik terhadap para korban pasti terjadi. Jadi untuk mengatasi itu kita turunkan Tim Diviai,” kata Hadi

Adapun proses identifikasi yang dilakukan terhadap korban meninggal dunia ini dengan menggunakan sidik jari untuk mengetahui identitasnya.

“Korban yang ditemukan dan dapat diidentifikasi berkat bantuan dari Tim DVI Dokkes Polda Sumut. Kini para korban telah diserahkan ke pihak keluarga untuk disemayamkan,” bebernya.

Sejauh ini baru tiga orang korban yang berhasil dievakuasi. Diantaranya, satu orang luka ringan dan dua orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles