12.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Banjir Nias Utara, 200 Rumah Diusul Perbaikan

Medan, MISTAR.ID

Kepala BPBD Sumut Abdul Haris Lubis mengungkapkan, sebanyak 1500an rumah terdampak banjir di Kabupaten Nias Utara. Sebanyak 200 rumah yang rusak akibat bencana ini diusulkan untuk diperbaiki pemerintah.

Banjir ini diakibatkan oleh meluapnya Sungai Mozai di Nias Utara. Selama beberapa hari, air meluap perlahan dan meluas hingga ke 11 kecamatan. Haris mengatakan tidak ada korban jiwa akibat bencana ini.

Menurutnya, mereka telah melihat kondisi disana. Dan banjir sudah surut sejak Senin (16/8/21) namun dampak kerusakan akibatnya muncul saat ini. Lebih kurang 1500an rumah terdampak. “Bahkan ada puskesmas yang seluruh peralatannya rusak. Bupati sudah menetapkan status dsrurat disana,” kata Haris, Kamis (19/8/21).

Baca juga: Tanah Bekoan PTPN III Sei Dadap Asahan Longsor, Banjir Menggenangi Rumah Warga

Haris mengatakan, atas kerusakan yang timbul dari bencana ini, Pemkab Nias Utara mengusulkan ke pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan rumah warga yang rusak. Lebih kurang 200an rumah diusulkan ke pemerintah untuk diperbaiki. Usulan ini menurutnya akan disampaikan.

“Kita akan berkomunikasi dengan Kementerian PUPR. Waktu kami meninjau ke lapangan juga ada perwakilan PUPR,” kata Haris.

Baca juga: Didesak Warga Korban Banjir Asahan, PT IPS Janji Bongkar Tanggul Bertahap

Sementara untuk bantuan pangan para warga menurut Haris, Pemkab dan Pemprov telah menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak. Begitu juga bantuan dari masyarakat luas terus mengalir. (Iskandar/hm06).

Related Articles

Latest Articles