10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

Pj Gubernur Sumut Buka Pra Musrenbang RKPD 2025 Zona Pantai Timur

Asahan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin membuka Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumut 2025, khusus untuk Zona Pantai Timur, Selasa (20/2/24). Dalam acara yang digelar di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan itu, Hassanudin menyampaikan sejumlah isu strategis yang menjadi fokus pembangunan di wilayah tersebut.

Isu-isu strategis yang disoroti mencakup hilirisasi industri pengolahan, penanggulangan kemiskinan, pengurangan ketimpangan, urbanisasi, pengangguran, pemberdayaan kewirausahaan dan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), penanganan pemukiman kumuh, serta pelayanan dasar seperti sanitasi dan air bersih.

Dalam sambutannya, Hassanudin menegaskan pentingnya diskusi dan penajaman perencanaan di tingkat daerah untuk menyelaraskan pembangunan. “Forum Pra Musrenbang ini dilakukan agar setiap daerah di Pantai Timur dapat merumuskan program pembangunan sesuai dengan kebutuhan masing-masing wilayah,” ujarnya.

Salah satu isu strategis yang diungkap Hassanudin adalah terkait pembangunan infrastruktur jalan, terutama Tol Tebingtinggi-Indrapura-Limapuluh. Ia berharap pembangunan tersebut dapat memicu pertumbuhan ekonomi dan konektivitas wilayah. Selain itu, rencana tol lain seperti Rantau Parapat menuju Riau dan Tol Medan-Binjai-Stabat hingga Langsa di Aceh juga menjadi sorotan.

Baca Juga : Pj Gubernur Sumut Minta Maksimalkan Potensi Daerah

Hassanudin menekankan pentingnya menciptakan iklim investasi yang kondusif untuk meningkatkan daya saing Provinsi Sumut. Upaya tersebut melibatkan faktor upah buruh yang kompetitif, ongkos angkut yang terjangkau, serta harga dan sewa tanah yang bersaing. “Kita harus dapat memanfaatkan keuntungan lokasi ini dengan keberadaan infrastruktur jalan, keberadaan Pelabuhan Kualatanjung dan Belawan,” tambahnya.

Dalam fokus penyusunan RKPD 2025, empat isu utama menjadi pijakan yaitu pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi inklusif, pembangunan infrastruktur dasar berkualitas, dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang inovatif. Musrenbang RKPD Provinsi Sumut 2025 Zona Pantai Timur dihadiri oleh sejumlah kepala daerah, pimpinan OPD Sumut, dan peserta pra musrenbang.

Bupati Asahan Surya turut memaparkan 10 program prioritas Kabupaten Asahan yang mendukung pembangunan Provinsi Sumut. Program tersebut mencakup digitalisasi birokrasi, Sumber Daya Manusia (SDM) tangguh, ekonomi mandiri, Asahan Sehat, Asahan Cerdas, infrastruktur yang kuat, Asahan Religius, lingkungan berbasis partisipatif, dan Asahan Go Wisata. (hutajulu/hm24)

Related Articles

Latest Articles