23.5 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Amankan Pilkada, Polres Toba Antisipasi Kericuhan Terkecil di Lapangan

Toba, MISTAR.ID

Polres Toba siap mengamankan Pilkada Kabupaten Toba tanggal 27 November 2024 yang menjadi pesta rakyat kabupaten dalam menentukan atau memilih Bupati dan Wakil Bupati yang akan memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat.

Hal tersebut dipersiapkan Polres Toba dalam simulasi pengamanan pilkada, Rabu (28/8/24) teknik pengaman mulai dari hal terkecil hingga kondisi terhadap kontak fisik diperagakan di lapangan Mako Polres Toba.

Disampaikan Kapolres Toba, AKBP Wahyu Indrajaya SIK bahwa sesungguhnya keinginan seluruh elemen masyarakat, pemerintahan, Polri dan TNI pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Toba berjalan aman dan kondusif.

Baca juga: Polres Simalungun Perkuat Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2024

“Kendati demikian, adanya potensi Paslon yang akan mendaftar memungkinkan lebih dari satu sehingga berpotensi adanya gesekan antara pendukung dari pasangan, maka kita mempersiapkan strategi pengamanan untuk mengantisipasi sekecil apapun potensi kericuhan,” terang Kapolres.

Wahyu juga mengingatkan kepada seluruh yang terlibat dalam simulasi agar melakukannya dengan sepenuh hati agar tidak terjadi kesalahan dalam bertindak saat terjadi dilapangan dan sedapat mungkin dalam situasi sebenarnya tidak mengorbankan masyarakat setempat.

“Keseriusan penting kita tegaskan karena situasi dan kondisi sebenarnya di lapangan sangat jauh berbeda dengan saat melakukan simulasi. Maka saat melakukan ending sebenarnya dapat menekan sekecil mungkin kesalahan fatal pengamanan,” tegas Wahyu.

Baca juga: Pengamanan Pilkada 2024 di Tapteng Siagakan 210 Personel Gabungan

Dalam simulasi tersebut, Polres Toba mengawali bagaimana mengatasi suara – suara sumbang dari pendukung melalui pendekatan yang humanis hingga bagaimana cara mengatasi oknum yang melakukan perampasan kotak suara.

Untuk pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Toba Polres Toba bersinergi dengan TNI akan menempatkan personilnya di setiap 449 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba. (nimrot/hm25)

Related Articles

Latest Articles