8.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Alokasi APBD 2024 Rp1,5 T Kurang Tepat Sasaran, DPRD Taput Protes

Taput, MISTAR.ID

Pembahasan anggaran APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024 sebesar Rp1,5 triliun menuai protes dari para anggota DPRD. Protes muncul saat pembahasan Badan Anggaran (Banggar), Rabu (15/11/23).

Protes dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Taput Aripin Rudi Nababan dan dihadiri Sekda Taput Indra Simaremare itu, muncul setelah anggota DPRD melihat anggaran sebesar Rp37 miliar tersedot untuk gaji PPPK. Kemudian soal biaya bunga pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Rakyat (PEN) Rp60 miliar dana Pilkada Rp60 miliar.

Anggota DPRD Taput berpendapat bahwa pengalokasian anggaran yang tidak tepat akan mempersempit langkah Pemkab Taput menjalankan  program pembangunan.

Baca juga: Dua Hari Jalannya Rapat DPRD Taput Selalu Jam Karet  

Salah seorang anggota DPRD Taput dari Partai PKB Herman Manalu selaku anggota Banggar dengan tegas mengatakan ada banyak yang jauh lebih penting mendapat perhatian dari pemerintah, diantaranya adalah honor untuk penyuluhan pertanian hanya masih Rp1 juta/bulan. Sementara jumlah honor ini mencapai 600 orang.

“Kita memperjuangkan anggaran penyuluhan pertanian untuk ditampung di APBD Tahun 2024, semua itu demi kepentingan masyarakat dengan tujuan agar para pihak penyuluh dapat memberikan program bagaimana bertani yang baik,” ujar Herman dalam rapat banggar tersebut.

Pantauan Mistar dalam rapat banggar tersebut belum ada kesepakatan. (fernando hutasoit/hm17)

Related Articles

Latest Articles