13.2 C
New York
Friday, May 3, 2024

87 Kades Terpilih Dapat Pengarahan Oleh Bupati Toba

Toba, MISTAR.ID

Setelah dilantik pada Selasa (19/12/23), sebanyak 87 kepala deesa (Kades) terpilih langsung diberikan pembinaan/pembekalan di ruang Balai Data kantor Bupati Toba, Rabu (20/12/23).

Pada pembekalan dan pembinaan itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan materi tentang teori kepemimpinan. Adapun dua poin penting yang disampaikan oleh Bupati adalah soal karendahan hati dan metode Be Fast.

“Pemimpin itu harus rendah hati, jangan sombong. Karena itu adalah pemberian, anugerah. Anugerah tidak bisa disombongkan. Anugerah itu sebenarnya diberikan kepada yang tidak layak, tetapi Tuhan berikan. Jadi harus bersyukur,” ujarnya.

Kemudian, poin kedua yang disampaikan oleh Bupati adalah tentang teori kepemimpinan dengan metode Be Fast. Be Fast adalah singkatan dari Believe, Execution, Focus, Aktiv, State, Teaching.

Baca Juga : Tiga Kades PAW di Langkat Dilantik

Kepala Desa terpilih yang sudah dilantik harus benar-bener percaya dan miliki keyakinan dalam membangun desa. Setelah yakin, selanjutnya Kepala Desa harus langsung mengeksekusi programnya. Program tersebut harus dilakukan dengan fokus agar visi-misi yang telah disusun tidak buyar.

Kepala desa juga harus aktif. Termasuk aktif bertanya, aktif mencatat, belajar dan aktif dalam menjalankan program. Kepala desa juga harus mampu menciptakan situasi yang baik, lingkungan yang positif, termasuk bergaul dengan orang-orang yang optimis, cerdas dan visioner. Selanjutnya, kepala desa harus mampu mengajarkan visi-misinya kepada masyarakat melalui praktek kerja yang nyata, bukan teori.

“Jadi itu metodenya. Be Fast. Belive, Execution, Focus, Aktiv, State, Teaching. Percaya, Eksekusi, Fokus, Aktif, Situasi, dan Mengajarkan,” kata Poltak Sitorus menjelaskan metode Be Fast.

Pada pembekalan dan pembinaan itu, Dinas PMDPPA menghadirkan 4 narasumber, termasuk Kejaksaan, Inspektorat, Kadis PMDPPA dan BPJS Ketenagakerjaan. (hotman/hm24)

Related Articles

Latest Articles