23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

535 Mahasiswa FKIP UMSU Peserta PLP Jati Diri Pendidik Dilepas

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 535 mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang menjadi peserta pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Jati Diri Pendidik angkatan ke-7 dilepas.

Sebelum dilepas ke sekolah-sekolah, Rektor UMSU Prof Agussani mengingatkan para peserta untuk melaksanakannya dengan maksimal, sehingga apa yang didapatkan nanti di sekolah dijadikan sebagai modal untuk menjadi guru profesional.

“Ini merupakan kebahagiaan dan kesungguhan kita serta tidak terlepas dari manajemen fakultas hingga universitas melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya, Selasa (24/5/22).

Dekan FKIP UMSU Assoc Prof Syamsuyurnita menyampaikan bahwa PLP adalah wadah observasi mahasiswa untuk melihat kehidupan di satuan pendidikan secara langsung, melatih rasa welas asih dan tanggungjawab serta menumbuhkan jati diri pendidik.

Baca juga: Lolos IISMA 2022, 10 Mahasiswa USU Kuliah di Luar Negeri

Syamsuyurnita menjabarkan, peserta PLP terdiri dari 46 mahasiswa prodi pendidikan (prodi) matematika, 48 mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Indonesia, 79 mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris dan 16 mahasiswa prodi pendidikan PPKN.

Kemudian 19 mahasiswa prodi pendidikan akutansi serta yang paling mendominasi 278 mahasiswa prodi PGSD yang diharapkan dapat menjaga nama baik fakultas dan universitas.

“Pesan kami selaku pimpinan Fakultas dan civitas akademika agar mahasiswa bisa mematuhi aturan-aturan selama PLP, sesuai dengan pembekalan etika dan tata tertib di lapangan. Mohon dijaga nama baik almamater, universitas dan fakultas,” pesannya.

Baca juga: UMSU Salurkan Rp3,7 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah

Sekadar informasi, sejak 2016 setelah bergantinya kurikulum, mahasiswa FKIP UMSU sudah melaksanakan kegiatan PLP dimulai dari semester 4, semester 5 dan semester 7. Setidaknya sebanyak 7 kali kegiatan PLP dilaksanakan, diantaranya 5 kali tatap muka dan 2 kali secara daring secara karena pandemi Covid-19.

PLP ke-7 dilaksanakan secara langsung di 52 sekolah yang telah bekerjasama dengan UMSU terkait PLP, PPG, Tanoto dan sebagainya. Lokasi pelaksanaan dibagi menjadi dua yaitu di Kota Medan dan Deli Serdang yakni 30 Sekolah Dasar (SD) dan 22 Sekolah SMA atau SMK. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles