17.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

5 Tahun Data Temperan Perlintasan di Sumut Tampilkan Tren Mengkhawatirkan

Pada 2023, tercatat sebanyak 50 temperan, dengan 9 korban jiwa, 19 luka berat, dan 25 luka ringan, hal ini menandakan betapa gentingnya situasi keselamatan di perlintasan kereta api di Sumut.

Agustinus mengatakan, meskipun menghadapi keterbatasan anggaran, pemerintah tetap berupaya keras untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang.

“Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menyediakan penjaga pintu perlintasan yang memiliki kualifikasi dan telah diakreditasi oleh Kementerian Perhubungan,” tambahnya.

Baca juga:PT KAI: Perlintasan Sebidang Tanggung Jawab Pemerintah Daerah

Tahun Anggaran (TA) 2024 ini, Dishub Sumut juga membangun 1 unit palang pintu perlintasan di salah satu ruas jalan provinsi di Kota Tanjungbalai. “Ini merupakan wujud komitmen kita untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang,” kata Agustinus.

Dengan terdapatnya 344 perlintasan sebidang di Sumut, Agustinus menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai patuh terhadap rambu lalu lintas (lalin) dan memberikan prioritas kepada perjalanan kereta api di perlintasan sebidang.

“Setiap angka adalah cerita, setiap korban memiliki keluarga dan setiap tragedi meninggalkan luka. Kita tidak boleh membiarkan perlintasan sebidang menjadi tempat pembantaian tak berujung. Inilah saatnya untuk bertindak, saatnya menciptakan perubahan yang nyata. Kita harus bersatu, mengakhiri tragedi ini dan memastikan, tidak ada lagi yang menjadi korban di lintasan kereta api,” pungkas Agustinus. (hutajulu/hm16)

Related Articles

Latest Articles