22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

3 Desa di Pakpak Bharat Terima Bantuan Dana Hibah Rp600 Juta

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Pemkab Pakpak Bharat menyerahkan bantuan dana hibah dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumut tahun 2022, Senin (12/12/2022).

Tiga desa penerima bantuan dana hibah total senilai Rp600 juta tersebut dengan rincian setiap desa menerima bantuan sebesar Rp200 juta. Yakni, BUMDesa Boman di Desa Boangmanalu, BUMDesa Ncihur di Desa Sibagindar, dan BUMDesa Sada Arih di Desa Ulumerah.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor yang menyerahkan dana hibah BUMDesa berpesan agar dana hibah yang diterima oleh BUMDesa segera dimanfaatkan dan dikelola sebaik mungkin untuk kesejahteran masyarakat desa.

Baca Juga:Pakpak Bharat Canangkan 12 Desa Wisata

“Bantuan dana hibah merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada BUMDesa. Saya harap pengurus BUMDesa dapat mengetahui, baik proses penyaluran, penggunaan maupun pertanggungjawaban serta pelaporan sesuai dengan ketentuan,” ujar Bupati Franc.

“Pengurus BUMDesa agar langsung memanfaatkan dana hibah yang diperoleh sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pengembangan BUMDesa demi kemakmuran masyarakat di desa,” lanjutnya.

Selain itu, Franc mengatakan agar penyertaan modal yang sudah digulirkan pemerintah desa kepada BUMDesa wajib dilaksanakan berdasarkan prinsip kehati-hatian.

Baca Juga:Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Dua Mesin Bed Dryer di Desa Kuta Tinggi dan Siempat Rube I

Kemudian lakukan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, ciptakan mekanisme kerja dan penetapan standar operasional dan prosedur (SOP) guna peningkatan profesionalitas BUMDesa.

Pengurus BUMDesa harus mampu mengembangkan kapasitas dan kompetensinya agar memiliki semangat untuk kreatif dan mampu menghadapi berbagai tantangan perkembangan zaman serta harus mampu melihat potensi yang ada di desa serta fokus pada pengembangan produk unggulan desanya.

“BumDesa juga harus bermitra dengan pelaku UMKM yang ada di daerah masing-masing dalam rangka pengembangan dan pemasaran produknya,” ucapnya.

Baca Juga:Ketua FKKD Pakpak Bharat: Tanggung Jawab Kades Sangat Besar Kelola Dana Desa

Franc juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara yang telah banyak membantu pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Edy Rahmayadi atas perhatiannya terhadap pengembangan BUMDesa di Kabupaten Pakpak Bharat,” ujar Bupati Franc mengakhiri. (sampang/hm14)

Related Articles

Latest Articles