26.2 C
New York
Thursday, July 4, 2024

100 Relawan Damkar dan Penyelamatan Tebing Tinggi Dikukuhkan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Penjabat (Pj)Wali Kota Tebing Tinggi, Syarmadani kukuhkan sebanyak 100 relawan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, pada Kamis (28/12/23) di kantor dinas setempat, komplek Perkantoran BP7.

Sebanyak 100 orang relawan terdiri dari 2 orang per Kelurahan, ditambah koordinator tingkat Kota dan Kecamatan dikukuhkan, dimana nantinya dapat membantu tugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi.

Dalam sambutannya, Syarmadani menyampaikan, damkar adalah organisasi dibentuk pemerintah yang paling tua, bahkan sebelum Pamong Praja. Hebatnya seiring perkembangan zaman, damkar ini tidak lagi semata-mata hanya tugasnya sebagai pemadam, tapi juga menjadi penyelamatan.

Baca juga:Pj Wali Kota Tebing Tinggi Sumbangkan Darah di Baksos Dinas Damkar dan Penyelamatan

“Seiring dengan waktu dan perkembangan fungsi dan tugas, petugas kita sangat terbatas, sementara wilayah kerja luas. Yang lebih penting waktu yang dimiliki untuk proses penyelamatan, evakuasi dan sebagainya sangat sedikit. Sehingga kecepatan respons gerak sangat penting,” imbuhnya.

Pj Wali Kota menuturkan, untuk mengantisipasi hal ini, pemerintah mengupayakan berbagai cara termasuk pembentukan relawan.

“Di sinilah sisi kemanusiaan kita benar-benar terpanggil. Jadi kepada relawan, dengan sebuah permohonan dan kehormatan marilah kita dukung sisi kemanusiaan ini,” kata Syarmadani.

Baca juga:Dinas Damkar Siantar Bagikan Tips Hindari Kebakaran Rumah Saat Mudik

Lebih lanjut menurut Syarmadani, damkar sendiri banyak hanya sekedar menyelamatkan orang, barang, dan hewan, “Tetapi lebih dari itu, damkar ini membangun sisi kemanusiaan,” ujarnya.

Tambah Syarmadani, perlu mensosialisasikan atau mengedukasi cegah dini bencana kebakaran, karena itu lebih bermakna. Contohnya ketika sudah tahu potensi kebakaran itu karena listrik atau kompor, maka diingatkan agar memakai listrik dengan benar. Juga hati-hati dalam menggunakan kompor, terutama saat bepergian.

“Hal-hal seperti ini tidak terlepas dari peran serta para relawan. Kepada Camat dan Lurah mohon difasilitasi, didukung semangat para relawan kita ini,” tutup Pj Wali Kota. (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles