10.5 C
New York
Saturday, May 4, 2024

1.952 Jemaah Embarkasi Haji Medan Tiba di Tanah Suci

Medan, MISTAR.ID

Kakanwil Kemenag Sumatera Utara (Sumut) Amri Siregar mengatakan hingga kelompok terbang (kloter) 5 jemaah calon haji yang berangkat dari Embarkasi Haji Medan dan telah tiba di Tanah Suci sudah 1.952 orang atau sudah 49,79%. Maka sisa jemaah ada 1.889 lagi yang belum berangkat.

Dalam sambutan melepas keberangkatan kloter 5 tersebut, Ketua PPIH Embarkasi Haji Medan ini mengatakan untuk yang berangkat ke Tanah Suci di kloter 5 ini ada berjumlah 390 jemaah. Jumlah jemaah asal Labuhan Batu sebanyak 216 orang, jemaah asal Kota Medan sebanyak 151 orang dan jemaah asal Kabupaten Dairi ada 17 orang. Tercatat di kloter ini ada open seat 3 dengan nomor manifest 391, 391 dan 393.

“Saya pesankan pada bapak/ibu yang akan menuju Madinah maka tujuan pertama nanti tiba disana ziarah ke makan Rasulullah. Sampaikan salam kita dan sampaikan salam kami dengan sholawat Jibril,” katanya pada seluruh jemaah, Rabu (15/6/22).

Baca juga: 3.777 Calon Jemaah Haji Kloter I Asal Sumut Terbang ke Arab Saudi pada 11 Juni 2022

Amri juga berpesan agar jemaah bisa mengatur sopan santun setiba di Tanah Suci. Ia berharap seluruh jemaah dalam keadaan sehat setiba di sana dan bisa mudah melaksanakan segala ibadah.

Bupati Labuhan Batu, Erik Adtrada Ritonga yang turut serta melepas keberangkatan jemaah kloter 5 jni juga mengatakan agar para jemaah bergembira. Sebab tidak semua orang bisa bersngkat haji tahun ini. Apalagi sudah 2 tahun seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19, ibadah haji tertunda.

“Artinya tidak semua orang diberi kesempatan datang ke Mekah dan Madina. Maka gunakan kesempatan ini menjalankan semua ibadah dengan baik. Memang kita merasa berpikir akan merasa capek ada nanti ibadah berjalan hingga 2 meter. Tapi begitu kita sampai di sana Insya Allah bisa kita lakukan secara mudah. Maka jaga kesehatan. Tingkatkan kesabaran karena di Madina dan Mekkah tingkat kesabaran kita akan diuji,” terangnya.

Bupati Erik juga berdoa agar seluruh jemaah yang berangkat semoga keadaan sehat dan pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat juga. Dia juga mengatakan akan menunggu kepulangan jemaah di Tanah Air. Dia juga berpesan agar jemaah Labuhan Batu, Kabupaten Dairi dan Kota Medan mendoakan pihaknya agar sehat dan diberi kemudahan untuk bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah kelak. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles