31.7 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Tindakan Tangani Hoaks Pemilu, Ilyas Sitorus: Blokir dan Monitoring Isu

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut), Ilyas Sitorus memberikan tanggapan terkait adanya hoaks Pemilu 2024 di tingkat nasional dan Sumut.

“Lumayan banyak sih. Tapi soal jumlahnya saya tidak hafal. Kalau kita sifatnya lebih banyak monitoring dan segera take down,” kata Ilyas Sitorus saat ditemui di kantor Gubsu, Medan, Jumat (26/1/24).

Ilyas Sitorus menjelaskan pihaknya telah mengambil langkah-langkah taktis untuk menangani hoaks. Dinas Kominfo terus berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo untuk menghapus, atau memblokir konten-konten yang dinilai merugikan publik atau bermuatan hoaks.

Baca juga : Tiga Ajakan Menkominfo Lawan Hoaks Pemilu 2024

“Kita minta bantuan ke pusat untuk di-take down, gitu, kita enggak bisa sembarangan melakukannya, karena kadang-kadang kehebatan sebuah aplikasi ini itu kan bisa dia bikin mirip suaranya, sinkron dengan gerak mulut,” imbuhnya.

Ilyas Sitorus juga menyoroti peran teknologi dan tim kreatif dalam menangani hoaks. Di Dinas Kominfo Sumut ada tim kreatif dan tim indikator monitoring media Kominfo. Tim itu ditugasi untuk melihat dan menganalisis isu-isu pemberitaan terkini.

Related Articles

Latest Articles