10.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Tahapan Verifikasi Faktual Pencalonan Perseorangan Anggota DPD, Bawaslu Kabupaten/Kota Diingatkan Tidak Bersantai

Medan, MISTAR.ID

Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Syafrida R Rasahan mengingatkan, jika verifikasi faktual (verfak) Pencalonan Perseorangan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sedang berlangsung.

Oleh karena itu, Syafrida meminta Bawaslu Kabupaten/Kota harus mempersiapkan diri dalam mengawasi tahapan tersebut.

“Penting bagi Bawaslu Sumut untuk memastikan kesiapan jajaran dalam melalukan pengawasan verfak yang saat ini sedang berlangsung,” ujar Syafrida saat melakukan rapat kerja teknis di tiga zona, Minggu (12/2/23).

Baca juga:DKPP Bakal Periksa KPU-Bawaslu Soal Pendaftaran Partai Kedaulatan Rakyat

Selain Asahan, rapat juga dilakukan Bawaslu Sumut di Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Padangsidimpuan. Syafrida menambahkan, di dalam melakukan pengawasan verfak pencalonan perseorangan, pengawas harus bekerja sesuai aturan.

Tahapan verfak pencalonan perseorangan berlangsung dari 6 hingga 26 Februari 2023 mendatang, sebagaimana jadwal di PKPU 3 tahun 2022.

“Oleh karena itu, kita harus melakukan pengawasan melekat sesuai dengan mekanisme dan aturan,” ucapnya seraya mengatakan untuk pengawasan yang maksimal, pengawas harus memahami regulasi dan tata kerja.

Anggota Bawaslu Sumut Marwan mengimbau Bawaslu Kabupaten/Kota untuk melakukan koordinasi dengan KPU Ketika melakukan pengawasan yang intens, jangan lupa juga untuk selalu berkoordinasi dengan KPU.

Baca juga:Hasil Verifikasi Faktual 9 Parpol Peserta Pemilu 2024 di Sumut akan Dilaporkan ke KPU RI

“Ini akan mempermudah tugas-tugas pengawasan kita,” ucapnya.

Marwan mengingatkan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk tetap berkoordinasi dan melaporkan berbagai kendala pelaksanaan pengawasan ke Bawaslu Provinsi.

“Kita tidak boleh lagi bersantai-santai, alat kerja sudah ada, SE sudah ada, maka kita harus siap melakukan pengawasan,” pungkasnya. (ial/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles