19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

SYL Batal Caleg NasDem, Wakil Wali Kota Makassar Maju dari Dapil Sulsel

Jakarta, MISTAR.ID

Fatmawati Rusdi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 dari Partai NasDem.

Wakil Bendahara Umum DPP Partai NasDem ini telah masuk dalam Daftar Calon Legislatif Tetap (DCT) yang disetorkan ke KPU RI, Selasa (3/10/23) kemarin.

Fatmawati maju sebagai caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1 yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto dan Selayar.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disebut batal jadi Caleg NasDem untuk Pileg 2024.

Baca Juga: Erick Thohir dan Airlangga Disebut Calon Kuat Pendamping Prabowo

Fatmawati mengatakan, NasDem telah meminta dirinya untuk maju di Pileg 2024 demi memenuhi target partai itu di Sulsel pada pemilu mendatang.

“Sebenarnya dari dulu saya diminta untuk nyaleg di dapil 1. Karena targetnya NasDem [di Sulsel] dua kursi untuk DPR RI. Tapi saya kan masih ada masa jabatan dua tahun sesuai undang-undang dan Pilkada jadi (dimajukan) sehingga masa jabatan kita akan berakhir di 2024,” kata Fatmawati, Kamis (5/10).

Fatmawati mengaku sudah meminta izin ke Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk menanggalkan jabatan Wakil Wali Kota.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten turut mengatur bahwa kepala dan wakil kepala daerah yang maju sebagai caleg wajib mundur dari jabatannya.

Related Articles

Latest Articles