23.4 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Survei ICRC, Prabowo-Gibran Unggul dan Pilpres Diprediksi 2 Putaran

Jakarta, MISTAR.ID

Pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mempunyai elektabilitas tertinggi sesuai survei terkini yang dilakukan lembaga survei Ide Cipta Research dan Consulting (ICRC).

Survei tingkat keterpilihan terbaru para Calon Presiden (Capres) dan  Calon Wakil Presiden Cawapres pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 itu digelar pada 12-16 November 2023 dengan melibatkan 1.230 responden. Para responden ditentukan lewat stratified random sampling.

Pola jajak pendapat digelar dengan wawancara melalui telepon oleh pewawancara terlatih. Sedangkan margin of error survei sebesar 2,79%, dengan fase kepercayaan 95%.

Baca juga:Raih Kemenangan Prabowo-Gibran, PSI Sumut Andalkan Influencer

“Survei yang dilaksanakan pasangan Prabowo-Gibran masih unggul, diikuti Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin,” kata Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/11/23).

Berikut hasil elektabilitasnya, yakni Prabowo-Gibran 37,3%, Ganjar-Mahfud 33,5%, Anies-Muhaimin 24,1% dan TT/TJ 5,1%

Hadi memperkirakan Pilpres 2024 akan berlangsung 2 putaran. Pasalnya tidak adanya paslon yang angka surveinya melewati 50%+1.

Baca juga:Survei Terkini LSI Denny JA, Prabowo-Gibran Miliki Elektabilitas Tertinggi

“Apabila dilihat dari data survei ICRC terkini, maka Pilpres 2024 diperkirakan akan terjadi 2 putaran,” sebutnya.

Dia juga mengatakan, serbuan massif dari kelompok Ganjar terhadap pemerintahan Jokowi berdampak menurunnya elektabilitas Ganjar-Mahfud. Menurutnya, apabila kritik itu terus berlangsung, maka bisa menurunkan tingkat kepuasan publik pada kinerja Jokowi.

“Jika tingkat kepuasan publik ke Jokowi di bawah 60%, maka bakal diuntungkan adalah Anies-Muhaimin. Sehingga bakal mengalami melonjaknya tingkat elektabilitasnya,” tukasnya. (cnbc/hm16)

Related Articles

Latest Articles