15.6 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Sukseskan Pemilu, KPU Padangsidimpuan Gelar Diskusi Publik

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Menjelang Pemilu 2024, KPU Kota Padangsidimpuan menggelar diskusi publik sekaligus sosialisasi dan penyampaian tahapan- tahapan pemilu, Jumat (1/12/23) bertempat di Jalan Kenanga, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, tepatnya Yasto Cafe dan Resto.

Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora mengatakan, diskusi publik itu salah satu agenda sosialisasi untuk mensukseskan Pemilu.
“Yang mana nantinya acara ini akan disampaikan kegiatan masing- masing Divisi Komisioner, dengan harapan dapat kita saling memberikan masukan untuk tujuan mensukseskan Pemilu 2024 damai dan tentram,” papar Tagor Dumora

Diskusi ini membahas tiga hal penting, pertama terkait daftar pertambahan pemilih yang akan berlangsung sampai tanggal 7 Februari 2024. Kemudian pengenalan ataupun penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu Tahun 2024 dan WEbroot  sebagai sarana penyampaian informasi pesan singkat dari KPU.

“Sistem ini adalah upaya-upaya KPU untuk efektivitas pelaksanaan Pemilu itu sendiri, dengan tiga hal tersebut melalui website tersebut seluruh dunia akan bisa mengupdate informasi berapa hasil perolehan suara setiap harinya, atau peserta pemilu bisa melihat secara langsung hasil perolehan suara,” ungkap Ketua KPU.

Terkait tentang pelanggaran di masa Pemilu, khususnya kepada Parpol, di masa- masa kampanye, ada beberapa hal- hal yang perlu diperhatikan, ada pelanggaran administrasi, ada pelanggaran pidana dan kode etik perilaku selama pelaksanaan kampanye, agar ini tidak terjadi.

“Biasanya dalam pesta demokrasi  2024 nanti ada 5 warna surat suara, yang abu-abu itu surat-suara Presiden dan Wakil Presiden, merah surat suara anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), kuning surat-suara anggota DPR berwarna kuning, biru surat-suara anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, dan hijau untuk surat suara anggota DPRD kabupaten/kota.

“sekilas terkait tentang dana kampanye, khususnya untuk 15 parpol di wilayah Kota Padangsidimpuan telah menyampaikan laporan awal dana kampanye,” ungkap Tagor.

Kegiatan tersebut tampak dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan, Bawaslu Kota Padangsidimpuan, Partai Politik, Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Mahasiswa dan jurnalis yang bertugas di Kota Padangsidimpuan. (Asrul/hm17)

Related Articles

Latest Articles