29.7 C
New York
Friday, July 5, 2024

Sidang Majelis Syuro Tentukan Dukungan PKS Terhadap Anies-Cak Imin

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai, mayoritas jajaran partainya bakal mengarahkan dukungan pada Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Anies Baswedan.

Hanya saja seluruh keputusan PKS secara resmi akan disampaikan pada sidang Majelis Syuro yang berlangsung, pada Jumat (15/9/23).

“Kalau 80 persen telah fix, tapi di Majelis Syuro 20 persen,” sebut Mardani dijumpai di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu (13/9/23).

Baca juga: Hasil Rakernas KSPSI Dukung Anies-Cak Imin Sebagai Capres dan Cawapres 2024

Walaupun hanya 20 persen, Anggota Komisi II DPR ini menilai, keputusan Majelis Syuro sangat berdampak  pada partai. Dikatakan, persentase itu dapat sebagai penentu sikap PKS apabila mempunyai alasan yang kuat.

Mardani juga menerangkan bagaimana mekanisme Majelis Syuro melaksanakan rapat dalam menentukan dukungan cawapres. Pertama, pada rapat akan dibeberkan keadaan DPP PKS terbaru.

Berikutnya, Majelis Syuro memberikan penilaiannya. Nanti biasanya bakal dibuat komisi, dan dibahas lagi hingga menyampaikan keputusan menentukan cawapres.

Baca juga: Menangkan Anies-Cak Imin, Nasdem Optimis Menang 1 Putaran di Sumut

Mardani berharap, sidang serta hasilnya bisa tuntas pada Jumat besok. Hanya saja rapat penentuan bisa dilanjutkan hari berikutnya, apabila belum ditemukan kesepakatan.

“Saya memandang ada peluang tuntas besok, tapi yang kecilnya bisa jadi berjenis-jenis juga,” tuturnya.

Hingga saat ini, Majelis Syuro PKS baru menyetujui Anies Baswedan menjadi Bakal Calon Presiden (Bacapres) tahun 2024. Sementara dukungan untuk Cak Imin, partai dengan nomor urut 8 di Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang harus lebih dulu membahasnya dalam sidang Majelis Syuro. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles