20.9 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Seluruh Komisioner Monitoring Coklit ke Berbagai Daerah, Kantor KPU Sumut Sepi

Medan, MISTAR.ID

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Perintis Kemerdekaan No 35 Kecamatan Medan Timur, Kota Medan tampak sepi. Seluruh komisioner sedang monitoring di berbagai daerah di Sumut, Kamis (4/7/24).

“Kemungkinan hari Senin baru kembali ke kantor, beberapa hari ini semua keluar ke berbagai daerah untuk monitoring,” ujar Yesika, salah satu pegawai di kantor KPU Sumut.

Adapun monitoring yang dilakukan adalah memantau pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) dan beberapa kegiatan lainnya. Yesika menambahkan, untuk saat ini di kantor tidak ada yang bisa memberi keterangan terkait perkembangan Coklit.

“Karena semuanya sedang tidak di tempat, jadi saat ini tidak ada yang punya kapasitas untuk menjelaskan hal tersebut,” ucapnya.

Baca Juga : PSU Digelar 29 Juni 2024, KPU Sumut Segera Distribusikan Logistik ke Nisel dan Samosir

Ia menyarankan agar kembali hari Senin setelah seluruh komisioner KPU pulang ke Medan, sekaligus bisa mendapatkan hasil monitoring yang dilakukan dalam beberapa hari ini.

Menurut Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Data Pemilih, pencocokan dan penelitian atau Coklit adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pantarlih dalam pemutakhiran data pemilih.

Tujuannya untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) dari Pemilu terakhir, agar mendapat hasil yang benar dan akurat sesuai dengan dokumen kependudukannya, baik KTP maupun Kartu Keluarga (KK).

Kegiatan ini dimulai pada 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Pada prosesnya, KPU Sumut merekrut sebanyak 41.406 petugas Pantarlih yang akan melaksanakan pencocokan dan penelitian di 455 kecamatan dan 6.110 kelurahan maupun desa di 33 kabupaten/kota. (maulana/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles