11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Sebelum Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres, PDIP Bersandiwara Lima Hari

Jakarta, MISTAR.ID

Menko Polhukam Mahfud MD menceritakan proses dirinya diputuskan menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sebelum namanya diumumkan, ada sandiwara PDI Perjuangan.

Menurut Mahfud, jauh sebelum diputuskan jadi bacawapres, ia sudah sering berkomunikasi dengan politikus PDIP itu dan mendengar langsung dari Ganjar bahwa namanya masuk sebagai kandidat..

Dalam wawancara eksklusif yang ditayangkan YouTube, Mahfud menceritakan bahwa lebih eksplisit nama masuk kandidat, saat ia bertemu Ganjar sembari minum teh sore, dimana foto pertemuan itu sempat viral.

Baca juga:Ganjar Pranowo dan Mahfud Md Pakai Mobil Sukarno ke KPU

“Pak Ganjar bilang, Pak Mahfud ini sudah mengerucut, ada nama ini, ada nama ini, dan ada nama Pak Mahfud,” kata Mahfud pada Kamis (19/10/23).

Mahfud dengan tegas mengaku telah mengetahui namanya diputuskan menjadi bakal cawapres sejak lima hari sebelum pengumuman resmi dari PDIP dan koalisi pada Rabu (18/10/23).

Saat itu, kata Mahfud, pimpinan puncak PDIP menyiapkan skenario sebagai kejutan dengan membuat seolah-olah masih ada beberapa nama yang dipertimbangkan.

“Pak Hasto kontak mau ketemu saya. ‘Pak Mahfud ini sudah 90 sekian persen, tetapi saya akan membuat element of surprise, seakan-akan masih banyak calonnya. Tapi saya beritahu, ibu (Megawati) sudah hampir sampai kesimpulan Pak Mahfud, Pak Mahfud jangan banyak pergi ke luar kota. Takut dipanggil tiba-tiba,” kata Mahfud mengulang pernyataan Hasto ketika itu kepada dirinya.

Baca juga:Catatan Harta Kekayaan Mahfud MD

Pada kesempatan yang sama, Ganjar mengatakan terlibat dalam penentuan bakal cawapres yang mendampinginya.

Ia kemudian berkomunikasi dengan beberapa tokoh yang disebut-sebut berpeluang seperti Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Eks Ketum PBNU Said Aqil Siradj, Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

“Jadi sebenarnya nama-nama yang pernah muncul di media itu kami intens komunikasi,” katanya.

Baca juga:Mahfud MD Resmi Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

Perlu diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan nama Mahfud sebagai cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10).

Pasangan Ganjar-Mahfud kemudian mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 ke KPU pada Kamis (19/10/23) siang lalu diantarkan semua Ketua Umum Partai Politik pengusung.(republika/hm17).

Related Articles

Latest Articles