15.2 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Polisi Bongkar Laboratorium Narkoba Rahasia di Bali, 3 WNA Ditangkap

Jakarta, MISTAR.ID

Polisi berhasil membongkar laboratorium rahasia narkoba di sebuah vila di wilayah Canggu, Kabupaten Badung, Bali. Vila tersebut dijadikan sebagai clandestine lab (laboratorium rahasia) pembuatan narkoba jenis kimiawi dan organik.

Dalam operasi yang dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana (Dittipid) Narkoba Bareskrim Polri pada Kamis (2/5) lalu, laboratorium rahasia tersebut ditemukan memproduksi mephedrone dan mariyuana hidroponik.

Pembongkaran laboratorium tersebut dilakukan berkat kerja sama antara Bareskrim Polri dengan Ditjen Bea Cukai, Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, dan Kantor Bea Cukai Bali.

Baca juga: Banjir Ketinggian 3 Meter Landa Luwu Menewaskan 14 Orang

Brigjen Mukti Juharsa, Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menangkap tiga orang tersangka dalam kasus tersebut.

“Semua tersangka adalah warga negara asing,” ujar Mukti, seperti dilansir CNN Indonesia, Minggu (5/5/24).

Operasi ini dipimpin oleh Brigjen Mukti Juharsa dan Kasubdit 3 Dittipid Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Suhermanto. Saat ini, penyidik Bareskrim Polri masih melakukan pengembangan terhadap jaringan para tersangka.

Dari informasi yang diperoleh, ketiga WNA tersebut mengoperasikan dua clandestine lab dalam satu vila. Ini merupakan kejadian pertama kali di Indonesia.

Mirip Film ‘The Gentlemen’

Biasanya, clandestine lab narkoba berdiri sendiri, namun dalam kasus ini, tiga WNA tersebut membuat dua laboratorium sekaligus dalam satu lokasi. Lab tersebut terlihat berada di dua ruangan yang berbeda.

Salah satu ruangan dimodifikasi menjadi clandestine lab kimiawi untu memproduksi mephedrone, yang merupakan bahan baku ekstasi. Sedangkan ruangan lainnya diubah menjadi clandestine lab organik, yang memproduksi ganja hidroponik.

Baca juga: 195 Ribu Lebih Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit

Menurut Suhermanto, para tersangka membuat clandestine lab ini mirip dengan yang terlihat dalam film ‘The Gentlemen’. Mereka membuat lab ini di basement vila.

Clandestine lab ini dilengkapi dengan peralatan canggih, termasuk instalasi untuk pembuatan mariyuana hidroponik dengan sistem otomatis yang mengatur air, suhu, dan pencahayaan menggunakan sinar ultraviolet (UV).

“Instalasi mariyuana hidroponik ini dengan sistem otomatis mesin pengatur air, suhu dan sinar UV elektronik,” kata Suhermanto. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles