19.9 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Rangkul Gen Y dan Z Lewat Edukasi, Dekan FISIP UMSU Jabarkan Soal Pemilu

Medan, MISTAR.ID

Membahas pemilihan umum tahun 2024, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) merangkul generasi Y dan Z untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Melalui edukasi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) di UMSU, Rabu (29/11/23) dengan bertajuk ‘anak muda membangun bangsa gak milih gak keren’.

Narasumber sosialisasi, Arifin Saleh menjelaskan pengertian pemilu berdasarkan pasal 1 UU Nomor 7 tahun 2017.

Baca juga : KPU Sumut Mengedukasi Pemilih Pemula di Kampus UMSU

“Pemilihan Umum yang selanjutnya disebut pemilu yaitu sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” jelasnya saat penyampaian materi.

Arifin menyampaikan saat ini pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) akan dilakukan secara serentak pada waktu pencoblosan Rabu, (14/2/24) mendatang.

Ia juga menjelaskan terkait jumlah kursi yang akan diraih pileg pada saat pemilu di setiap kabupaten/kota dan provinsi.

Related Articles

Latest Articles