6.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Pj Bupati Langkat Ajak Tingkatkan Kapasitas FKDM Hadapi Pilkada 2024

Langkat, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Langkat M Faisal Hasrimy menghadiri rapat konsolidasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di bidang intelijen dan kewaspadaan dini menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Acara yang berlangsung di Aula Akademi Kebidanan Pemkab Langkat, pada Rabu (16/10/24) tersebut bertujuan memperkuat kemampuan FKDM dalam mendeteksi ancaman dan potensi konflik sejak dini.

Dalam sambutannya, Faisal menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan antisipasi dini terhadap berbagai potensi gangguan selama penyelenggaraan Pilkada. Ia menegaskan bahwa peningkatan kapasitas SDM di FKDM, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan, harus selaras dengan regulasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2019 tentang perubahan kewaspadaan dini di daerah.

Baca juga:Pj Bupati Langkat Tegaskan Netralitas ASN di Pilkada Serentak

“Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, FKDM mampu mengantisipasi perkembangan yang terjadi di lapangan. Ini penting untuk menjaga kondusifitas sebelum, selama, dan setelah Pilkada 2024,” ungkapnya.

Rapat konsolidasi ini diikuti oleh 130 orang peserta, terdiri dari FKDM Kabupaten sebanyak 15 orang dan FKDM Kecamatan 115 orang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Langkat, Faisal Badawi, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 200-11/K/2023 tentang Pembentukan FKDM Kabupaten Langkat.

Baca juga:Pj Bupati Batu Bara Terbitkan Imbauan Netralitas ASN pada Pilkada 2024

Faisal juga mengajak para peserta untuk aktif mengidentifikasi potensi masalah yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada, baik menjelang maupun pasca pesta demokrasi itu.

Dengan ilmu baru yang diperoleh, diharapkan FKDM mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta bertindak sigap dalam mengatasi setiap tantangan yang muncul selama proses Pilkada.

“Acara ini menjadi langkah strategis dalam menjaga keamanan di Kabupaten Langkat menjelang Pilkada, sekaligus memperkuat peran FKDM sebagai garda depan kewaspadaan dini di masyarakat,” tutup Pj Bupati. (endang/hm16)

Related Articles

Latest Articles